Jakarta (ANTARA) - Bos Bayern Muenchen Hansi Flick menepis spekulasi dia bakal menjadi manajer timnas Jerman berikutnya, namun berusaha menghindari bahasan tentang pengganti Joachim Loew musim panas tahun ini.

Setelah 15 tahun memimpin timnas Jerman, Loew yang kini berusia 61 tahun, menyatakan Selasa pekan ini bahwa dia akan mengundurkan diri dari jabatan manajer timnas Jerman setelah Piala Eropa Juli mendatang.

Flick (56) adalah asisten pelatih Loew ketika keduanya mengantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia 2014.

Baca juga: Flick minta Bayern tampil 100 persen saat tampil di Der Klassiker
Baca juga: Klopp tegaskan lagi dirinya tak tertarik gantikan Loew


Tidak seperti manajer Liverpool Jurgen Klopp yang terang-terangan menolak menjadi pengganti Loew, Flick lebih ambisius mengenai kemungkinan melatih Jerman.

"Saya memiliki kontrak sampai 2023 dan saya ingin lanjut berhasil bekerja di Bayern Muenchen dan memenangkan gelar," kata Flick menjelang laga melawan Werder Bremen esok Sabtu. "Yang lainnya masih spekulasi, saya tak ingin terlibat."

Flick awalnya hanya manajer sementara Bayern pada November 2019 setelah Nico Kovac dipecat. Namun peruntungannya berubah setelah sukses membawa Bayern menjuarai Liga Champions pada masa kepelatihan pertamanya yang juga diwarnai treble musim lalu.

Untuk saat ini Flick ingin "100 persen konsentrasi kepada Bayern Muenchen dan tim itu. Tak ada waktu untuk berspekulasi soal masa depan saya."

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) sudah menyatakan tidak akan terburu-buru mencari pengganti Loew.

Baca juga: Bierhoff : Loew tetap jadi pelatih Jerman kendati dibabat Spanyol 6-0

Mesti tak mau membahas pengganti Loew, bukan tanpa alasan Jerman melirik Flick. Bahkan direktur timnas Jerman Oliver Bierhoff menyatakan tak mungkin mengesampingkan Flick sebagai calon pelatih kepala timnas.

"Apakah saya menganggap dia bisa mengembannya? Tentu saja," kata Bierhoff seperti dikutip AFP.

Namun chairman Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge menandaskan tak akan melepaskan Flick. "Kami tak mau mengatasi masalah DFB demi mereka," tandas Rummenigge bulan lalu.

Tetapi di belakang layar, Bayern diam-diam mendekati pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann sebagai kemungkinan pengganti Flick.

Bayern yang memuncaki klasemen Bundesliga berselisih dua poin di atas peringkat kedua RB Leipzig.

Nagelsmann yang masih berusia 32 tahun dan masih terikat kontrak sampai 2023 juga sedang dibidik Barcelona sejak tersingkir dari Liga Champions dua hari lalu.

"Saya tahu seperti apa bisnis sepak bola bekerja," kata Nagelsmann. "Tapi tak sopan membahas topik ini."

Baca juga: Joachim Loew pangkas lima pemain untuk Nations League

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021