Samarinda (ANTARA) - Timnas sepak bola Indonesia U-23 direncanakan melakoni laga uji coba menghadapi tim dari beberapa negara di Amerika Latin dan Afrika, setelah menuntaskan dua laga uji coba melawan tim dalam negeri.

Selain tim Samba Brasil, skuad muda dari Argentina dan Pantai Gading juga dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan PSSI.

"Sementara ini kita masih melakukan komunikasi dengan federasi di Brasil, kemudian tim Argentina U-23 juga dijadwalkan melakoni tur ke beberapa negara Asia. Terakhir tim dari Pantai Gading juga menyatakan kesiapan melaksanakan laga tanding dengan timnas pada Maret ini," kata Pelaksana tugas ( Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi di Samarinda, Jumat.

Baca juga: Timnas U-23 Argentina dan Pantai Gading tunda ke Indonesia

Menurut Yunus, sejumlah agenda tersebut masih belum final, karena PSSI masih punya kepentingan untuk persiapan timnas U-23 menuju SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

"Di sisi lain pada Juni mendatang, masih ada agenda lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab," kata Yunus.

Yunus mengatakan, PSSI masih menunggu hasil laporan Shin Tae-yong dari dua kali pertandingan uji coba melawan tim dalam negeri.

Baca juga: Shin: Timnas belum terbiasa dengan formasi 4-4-2
Baca juga: Satu gol dan satu assist Kushedya Yudo belum puaskan Shin Tae-yong


Tidak menutup kemungkinan bahwa pelatih asal Korea Selatan tersebut bakal menambah sejumlah pemain baru, untuk melemgkapi skuad sesuai dengan kriteria pelatih.

"Shin sempat mengutarakan untuk memperpanjang TC timnas hingga persiapan menuju pra-kualifikasi Piala Dunia," imbuh Yunus.

Terkait dengan bergulirnya turnamen pra-musim Piala Menpora 2021 pada 21 Maret mendatang, Yunus mengharapkan semua tim Liga 1 mengizinkan para pemainnya bila sewaktu- waktu mendapatkan panggilan timnas.

"Kami berharap tim Liga 1 tidak keberatan saat ada pemainnya yang menjadi incaran Shin, karena ada sejumlah agenda yang tengah disiapkan, yakni laga uji coba dengan beberapa tim dari sejumlah negara, dan juga persiapan lanjutan pra piala dunia," tegas Yunus.

Baca juga: Shin Tae-yong: Performa timnas membaik
Baca juga: LIB pastikan persiapan Piala Menpora 2021 tinggal pematangan prokes
Baca juga: Semua tim wajib tes antigen setiap kali berlaga dalam Piala Menpora


Pewarta: Arumanto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021