Liga Italia

Atalanta kembali ke empat besar seusai gasak Spezia

Atalanta kembali ke empat besar seusai gasak Spezia

Ilustrasi - Pertandingan pekan ke-27 Liga Italia antara Atalanta melawan Spezia yang berlangsung Sabtu (13/3/2021) dini hari WIB. ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - Atalanta kembali ke empat besar klasemen sementara Liga Italia seusai menggasak Spezia 3-1 dalam laga pekan ke-27 di Stadion Gewiss, Bergamo, Italia, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Dwigol Mario Pasalic yang diselingi gol Luis Muriel untuk Atalanta hanya bisa dibalas sekali oleh Spezia di periode akhir laga melalui Roberto Piccoli.

Tambahan tiga poin membuat Atalanta kini kembali ke peringkat keempat klasemen dengan koleksi 52 poin, menyalip AS Roma yang baru bertanding pada Minggu (14/3) malam.

Sedangkan Spezia (26), yang kini sudah lima pertandingan nirmenang, melorot ke urutan ke-16 hanya punya jarak aman enam poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Inter kokoh di puncak klasemen setelah benamkan Atalanta 1-0

Babak pertama berakhir nirgol kendati kedua tim terbilang cukup agresif melancarkan serangan, sama-sama melepaskan sedikitnya empat percobaan tembakan ke arah gawang lawan.

Kebuntuan pecah pada menit ke-53 saat umpan Josip Ilicic bisa diselesaikan sempurna oleh Pasalic ke pojok kanan bawah gawang Spezia demi membuka keunggulan Atalanta.

Dua menit berselang, keunggulan itu segera berganda ketika Muriel menyambut umpan sundulan Robin Gosens dengan tembakan keras dari luar kotak penalti yang melesat ke pojok kanan atas gawang tak terjangkau upaya penyelamatan kiper Jeroen Zoet.

Spezia berusaha membalas ketika memperoleh hadiah tendangan bebas pada menit ke-58 yang berakhir dengan peluang Riccardo Marchizza di tengah kotak penalti, tetapi tembakan bek sayap itu melambung tinggi di atas mistar gawang.

Baca juga: Lazio susah payah taklukkan juru kunci Crotone

Atalanta malah memperlebar marjin keunggulan mereka pada menit ke-72 melalui gol kedua Pasalic yang tinggal mencocor bola kiriman Duvan Zapata untuk membuat kedudukan jadi 3-0 atas Spezia.

Spezia baru mampu mencetak gol balasan pada menit ke-81 lewat sontekan jarak dekat Piccoli memanfaatkan umpan Nahuel Estevez, tetapi itu terbukti jadi peluang pemungkas tim tamu.

Atalanta melepaskan setidaknya empat percobaan tembakan lain melalui Zapata, Rafael Toloi, Joakim Maehle dan Ruslan Malinovskiy, tetapi tak mampu menambah marjin kemenangan 3-1 ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Pekan depan, Spezia akan menjamu Cagliari pada Sabtu (20/3) dan Atalanta bertandang ke markas Verona sehari kemudian.

Namun sebelum itu, Atalanta bakal lebih dulu melakoni leg kedua 16 besar Liga Champions di markas Real Madrid dalam upaya membalikkan agregat 0-1.

Baca juga: Pendukung Atalanta bandel tetap berkerumun jelang lawan Real
Baca juga: Gol tunggal Mendy amankan kemenangan 1-0 Real di markas Atalanta

Baca juga: Jadwal Liga Italia: misi konsistensi Inter nir-Conte

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar