Jakarta (ANTARA) - Grup idola Jepang V6 akan bubar pada 1 November 2021 setelah dibentuk lebih dari 25 tahun lalu, sementara salah satu anggotanya Go Morita akan meninggalkan agensi hiburan Johnny & Associates Inc.

Senior dari grup Arashi ini salah satu grup idola terkemuka di Negeri Sakura dan sudah menyambangi berbagai negara dan kawasan di Asia, termasuk Korea Selatan dan Taiwan pada 2009.

"Keputusan ini bukan sebuah kemunduran, tapi keinginan kami untuk berkembang dan mengambil langkah selanjutnya (dalam hidup kami)," kata mereka dalam keterangan yang diunggah di laman resmi grup, Jumat (12/3).

Baca juga: Kazunari Ninomiya "Arashi" resmi jadi ayah

Dikutip dari Kyodo, Go Morita (42) akan melanjutkan karier sebagai aktor di luar naungan agensi Johnny's, sementara lima anggota lainnya --Masayuki Sakamoto (49), Hiroshi Nagano (48), Yoshihiko Inohara (44), Ken Miyake (41) dan Junichi Okada (40)-- akan tetap di dalam agensi besar tersebut dan fokus bersolo karier.

Keputusan untuk bubar datang setelah Morita mengatakan keinginannya untuk keluar dari agensi kepada teman-temannya dan melanjutkan karier di bidang akting dalam lingkungan baru. Kabar bubarnya V6 menyusul bubarnya grup SMAP dan aktivitas Arashi yang ditunda hingga jangka waktu yang belum diketahui, keduanya adalah grup idola besar dari agensi Johnny's.

V6 debut pada 1995 dan merilis serangkaian lagu hit seperti "Ai Nanda" (This is Love) dan "WA ni natte Odoro" (Let's Dance in a Circle). Lagu berjudul "Feel Your Breeze" dari V6 dipakai sebagai lagu tema serial televisi Jepang populer "Gokusen" yang tayang juga di negara lain, sementara lagu "Change the World" mereka dipakai dalam serial animasi "Inuyasha"

Anggota V6, baik sebagai grup maupun individu, aktif juga berakting di drama televisi, film dan acara ragam.

Acara ragam V6 yang berjudul "Gakko e Iko!" (Let's Go to School)" yang membahas tentang masalah pelajar tentang kehidupan sekolah, menuai popularitas di kalangan remaja.

Baca juga: Episode pamungkas dokumenter Arashi di Netflix tayang 28 Februari

Baca juga: Ryo Nishikido rilis MV "Wakaba" sebagai pembuka album "Note"

Baca juga: KAT-TUN buat akun Twitter resmi, umumkan single "Roar"

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021