Dubes RI lepas KRI SIM-367, kontingen garuda XXVIII dari Kolombo

Dubes RI lepas KRI SIM-367, kontingen garuda XXVIII dari Kolombo

Dubes RI Kolombo, I Gusti Ngurah Ardiyasa, melepas keberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 dari Kolombo dalam rangka melaksanakan misi perdamaian dunia di Lebanon. ANTARA/Dokumentasi KBRI Kolombo.

Jakarta (ANTARA) - Dubes RI Kolombo, I Gusti Ngurah Ardiyasa, melepas keberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 dari Kolombo dalam rangka melaksanakan misi perdamaian dunia di Lebanon.

KRI SIM-367 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris, singgah di Kolombo selama dua hari pada 11 dan 12 Maret 2021 untuk keperluan bekal ulang logistik dan bahan bakar, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Kolombo yang diterima di Jakarta, Sabtu.

KRI SIM-367 membawa 119 prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) Konga XXVIII-M/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) serta satu unit Helikopter AS 565 Mbe Panther untuk melaksanakan tugas mengamankan perairan Lebanon selama 1 tahun ke depan.

Baca juga: Dubes RI lepas keberangkatan KRI Bung Tomo-356 dari Sri Lanka
Baca juga: Panglima TNI lepas Satgas MTF TNI KontiNgen Garuda XXVIII M ke Libanon


Dalam sambutannya, Dubes RI Kolombo menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas KBRI untuk turut menyukseskan misi perdamaian yang diemban oleh KRI SIM-367 dengan memfasilitasi proses kegiatan bekal ulang selama singgah di Kolombo.

Dubes RI juga menyampaikan pesan kepada Satgas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama melaksanakan misi perdamaian di daerah operasi serta ucapan selamat bertugas kepada Satgas Maritime Task Force (MTF) Konga XXVIII-M/UNIFIL.

Turut hadir dalam pelepasan antara lain, Atase Pertahanan Indonesia di India, Kolonel Laut (E) Asdi Yasin Yanuar Pribadi, Commodore Pujitha Vithana dan Commander J.H.I.T Jayawardhana dari Angkatan Laut Sri Lanka serta Pejabat KBRI Kolombo.

KRI SIM-367 telah bertolak dari Kolombo pada pukul 17.00 waktu setempat menuju pelabuhan persinggahan selanjutnya di Salalah, Oman.

Baca juga: KRI I Gusti Ngurah Rai-332 amankan Perairan Ambalat
Baca juga: KRI Semarang angkut 11,6 juta masker dari Singapura untuk Indonesia

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar