Kami berharap dengan dioperasikannya Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu Seksi 1A yang terkoneksi dengan ruas Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc... memudahkan jarak tempuh bagi masyarakat khususnya masyarakat dari Bekasi dan sekitarnya
Jakarta (ANTARA) - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mulai mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Pisangan yang menghubungkan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc yang terletak di sisi barat pada Sabtu (13/3).

“Kami berharap dengan dioperasikannya Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu Seksi 1A yang terkoneksi dengan ruas Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc akan membentuk sistem jaringan interkonektivitas jalan tol baru, serta memudahkan jarak tempuh bagi masyarakat khususnya masyarakat dari Bekasi dan sekitarnya,” ujar Direktur CMNP Hasyim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hasyim juga menambahkan dengan pengoperasian gerbang tol ini diharapkan dapat meningkatkan arus keluar masuk kendaraan pada kedua ruas tol.

Gerbang Tol (GT) Pisangan yang menghubungkan Tol Becakayu dan Tol Wiyoto Wiyono yang terletak di sisi barat beroperasi mulai hari ini pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Mulai hari ini, Tol Becakayu terkoneksi dengan Tol Wiyoto Wiyono

Pengoperasian GT Pisangan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 276/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1A Koneksi dengan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono Sisi Barat dan Seksi 1B On Ramp Jatiwaringin pada 9 Maret 2021.

GT Pisangan terdiri dari 2 (dua) Gerbang Tol Otomatis (GTO) Single dan GTO Multi yang dapat dilalui kendaraan Golongan I, II, III, IV, dan V. Pengoperasian GT Pisangan dilakukan oleh CMNP selaku pengelola Jalan Tol Wiyoto Wiyono.

Serah terima aset dalam rangka pengoperasian GT Pisangan telah dilaksanakan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pengelola Tol Becakayu kepada CMNP pada 22 Februari 2021.

Baca juga: Dishub Bekasi minta proyek Becakayu segera dilanjutkan sampai Bekasi Timur

Jalan Tol Wiyoto Wiyono merupakan jalan tol dalam kota Ruas Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur - Jembatan Tiga/Pluit yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 13 April 1987.

Jalan Tol Wiyoto Wiyono memiliki total panjang 33 km yaitu Ruas Cawang-Tanjung Priok (north South Link/NSL) sepanjang 19,03 km dan Ruas Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit (Harbour Road/HBR) sepanjang 13,93 km.

Baca juga: PUPR apresiasi kompetisi mural hiasi tiang jalan Tol Wiyoto Wiyono
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021