Dari hasil MCU kemarin kan kami bisa mendapatkan beberapa titik lemah, bukan mencari kelemahannya.
Jakarta (ANTARA) - Para pemain PSS Sleman dinyatakan cukup layak bertanding mengarungi Piala Menpora 2021 berdasarkan hasil serangkaian pemeriksaan medis (medical check up/MCU) yang dilakukan.

"Saya pastikan bahwa 27 pemain yang melakukan MCU kemarin layak dan siap untuk membela Tim PS Sleman," kata Dokter Tim PS Sleman Elwizan Aminuddin, dikutip dari laman resmi klub, Sabtu.

"Secara keseluruhan alhamdulillah hasilnya cukup baik dan cukup layak. Walaupun ada catatan tapi hal itu masih bisa ditoleransi," tambah Dokter Amin, sapaan akrabnya.

Baca juga: Tiba di Bandung, pemain PSS Sleman jalani tes kesehatan

Proses MCU dilakukan pada Kamis (11/3) pagi, setelah 27 pemain yang sudah berada di Bandung menjalani swab test antigen dan dinyatakan negatif COVID-19. Hasil MCU keluar sehari kemudian, Jumat (12/3) malam.

Ada beberapa indikator yang digunakan petugas kesehatan untuk memeriksa Bagus Nirwanto dan kawan-kawan, yakni pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter ortopedi untuk mendeteksi cedera.

Kemudian, pemeriksaan EKG untuk memeriksa jantung saat pemain beristirahat, lalu treadmill yaitu pemeriksaan jantung saat beraktivitas.

"Ditambah lagi, juga dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urine untuk mendeteksi apakah ada penyakit bawaan dari dalam tubuhnya atau tidak. Dan yang terakhir adalah pemeriksaan audiometri dan spidometri, yaitu untuk nafas, telinganya, termasuk mata juga," jelasnya.

Baca juga: KITAS terbit, Dejan Antonic segera terbang latih PSS Sleman

Dokter Amin menambahkan bahwa dari hasil MCU tersebut terlihat beberapa titik lemah, misalnya pada bagian otot dari para pemain.

Dari hasil temuan tersebut, tim dokter PSS selanjutnya akan bertindak dan memberlakukan treatment khusus supaya keadaan para punggawa Super Elang Jawa kembali normal.

"Dari hasil MCU kemarin kan kami bisa mendapatkan beberapa titik lemah, bukan mencari kelemahannya. Kami juga cari solusinya. Misalnya, di otot kaki kanan yang lemah akan diberikan pelatihan khusus. Nanti saya akan berkolaborasi dengan fisioterapi dan pelatih fisik," ungkapnya.

Pada Piala Menpora, PSS Sleman tergabung dalam Grup C bersama empat tim Jawa Timur, yakni Persebaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan Madura United​​​​​​ yang akan berlaga di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Baca juga: PSS Sleman jadwalkan latihan perdana 13 Maret
Baca juga: PSS Sleman rekrut striker asal Argentina Nico Veles
Baca juga: Penyerang sayap PSS minta Liga 1 2020 lebih baik dianggap selesai

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021