BNI menyiapkan dana KUR senilai Rp5 miliar dengan target 100 peternak, yang setiap satu peternak mendapatkan pinjaman sebesar Rp50 juta
Belitung, Babel (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan PT BNI Cabang Tanjung Pandan menyepakati kerja sama pemanfaatan kredit usaha rakyat (KUR) untuk program penggemukan sapi potong di Belitung guna mendukung ketersediaan sapi potong di daerah itu.

"Kami dan pihak BNI sepakat bekerja sama menyalurkan bantuan KUR untuk program penggemukan sapi," kata Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Tanjung Pandan, Babel, Minggu.

Bantuan program KUR antara Pemprov Babel dan petani ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh peternak sapi dan uangnya hanya untuk beternak sapi dan pakan dan jangan untuk yang lain.

Baca juga: BNI target salurkan KUR Rp2,065 triliun di wilayah Sumbagsel

Menurut dia, melalui upaya penggemukan sapi potong tersebut diharapkan nantinya dapat mengurangi ketergantungan Belitung terhadap pengiriman daging sapi dari luar daerah.

"Diharapkan pada Hari Raya Idul Adha mendatang, Belitung sudah tidak terlalu tergantung pada pengiriman sapi dari luar daerah terutama Pulau Jawa," ujarnya.

Gubernur Erzaldi mengingatkan para peternak merawat sapi ternaknya dengan baik dan benar terutama dalam hal pemberian pakan serta antisipasi serangan penyakit.

"Komposisi pakan juga jangan hanya pakai kompos harus tetap pakai rumput yaitu rumput gajah dan lain-lain, kemudian peternak juga harus mengetahui mengapa sapi bisa terserang penyakit," katanya.

Dikatakan Gubernur, jika program penggemukan sapi potong tersebut berhasil, maka nantinya akan dapat mendukung ketahanan pangan di Belitung.

"Jadi, sapi tidak perlu diekspor ke Jawa, tapi itu untuk ketahanan pangan Belitung. Setelah program sapi selesai, nanti akan dilanjutkan dengan ayam," ujar Erzaldi.

Sementara itu, Kepala Cabang BNI Tanjung Pandan Dody Supriadi mengatakan KUR tersebut dilaksanakan dalam jangka waktu selama enam bulan dengan sistem "yarnen" atau bayar setelah panen.

"Artinya, penutupan pinjaman ditambah pembayaran bunga setelah sapi tersebut terjual," katanya.

Dalam program tersebut, BNI menyiapkan dana KUR senilai Rp5 miliar dengan target 100 peternak, yang setiap satu peternak mendapatkan pinjaman sebesar Rp50 juta.

"Target 100 peternak tersebut sangat tergantung dari kebutuhan pasar di Babel dan kesanggupan peternak sapi," ujarnya.

Baca juga: Peredaran uang KUR di Babel mencapai Rp7,87 miliar
Baca juga: BNI siapkan ekosistem digital pulihkan UMKM

Pewarta: Kasmono
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021