Grammy 2021: Kemenangan perdana Harry Styles, H.E.R dapat lagu terbaik

Grammy 2021: Kemenangan perdana Harry Styles, H.E.R dapat lagu terbaik

H.E.R (instagram/RecordingAcademy)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Inggris Harry Styles memenangi kategori pop solo performance untuk "Watermelon Sugar", piala Grammy pertama untuknya setelah unggul dari peraih nominasi lain seperti Taylor Swift, Dua Lipa, Billie Eilish dan Justin Bieber.

Selan itu, lagu "I Can't Breath" dari penyanyi R&B H.E.R dinobatkan sebagai lagu terbaik Grammy 2021, Minggu waktu setempat. Penghargaan itu lebih ditujukan kepada penulis, bukan penampilanya, dan lagu tersebut ditulis untuk gerakan protes Black Lives Matter di Amerika Serikat musim panas lalu.

"Perjuangan yang kita lakukan pada musim panas 2020, jaga terus semangat itu," kata H.E.R saat menerima penghargaan, dikutip dari Reuters.

Baca juga: BTS akan tampil di panggung Grammy Awards 2021

Baca juga: Harry Styles dipastikan buka panggung Grammy Awards 2021


Sementara rapper Megan Thee Stallion menjadi artis pendatang baru terbaik, juga membawa pulang penghargaan rap performance atas lagu "Savage" yang menampilkan juga Beyonce. Megan kemudian tampil di panggung bersama Cardi B membawakan lagu "WAP".

Harry Styles, bintang pop Inggris, dan Billie Eilish dengan rambut hijaunya yang khas membuka acara yang menerapkan jarak sosial, mereka tampil di ruangan kosong yang terpisah dari segelintir musisi lain.

Dipandu Trevor Noah, acara hibrida yang memadukan rekaman dan siaran langsung berlangsung di Los Angeles, tanpa penonton yang ramai seperti biasa. Acara tersebut menamplkan Dua Lipa, Taylor Swift, DaBaby, Black Pumas dan Mickey Guyton.

Acara musik, tur dan festival batal diadakan pada 2020 akibat pandemi, namun sebagian penyerahan piala diumumkan di tempat-tempat dengan jumlah penonton terbatas di kota-kota seperti Nashville.

"Terima kasih Grammy telah membuat ini dan membiarkan kami, setidaknya, bisa bersama-sama," kata Miranda Lambert, pemenang album country terbaik untuk "Wildcard".

Sebelumnya, telah diumumkan bahwa Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) gagal meraih penghargaan untuk kategori Best Pop Duo / Group Performance melalui lagu "Dynamite". Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) gagal meraih penghargaan untuk kategori Best Pop Duo / Group Performance melalui lagu "Dynamite".

BTS sebelumnya pernah masuk dalam nominasi untuk kategori "Best Recording Package" untuk album "Love Yourself: Tear" pada Grammy ke-61 tahun 2019. Mereka bahkan tampil dalam perhelatan kala itu menjadi presenter. Setahun kemudian, BTS bersama Lil Nas X menjadi penampil di sana membawakan "Old Town Road".

Tahun ini BTS kembali menjadi salah satu pengisi acara Grammy tanpa berkolaborasi dengan musisi manapun, sebagai satu-satunya penampil dari Asia.

Baca juga: John Prine dan Chick Corea raih "posthumous" Grammy Award 2021

Baca juga: Megan Thee Stallion artis pendatang baru terbaik Grammy 2021

Baca juga: Kanye West menang Grammy untuk album Kristen Kontemporer Terbaik

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar