Dari 230 kawasan yang terdapat dalam RPJMN, kita menyepakati untuk tahun 2022 memberikan prioritas kepada 128 kawasan yang kita jadikan prioritas,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) akan memprioritaskan pengembangan 128 kawasan pada tahun depan.

"Dari 230 kawasan yang terdapat dalam RPJMN, kita menyepakati untuk tahun 2022 memberikan prioritas kepada 128 kawasan yang kita jadikan prioritas," ujar Kepala BPIW Hadi Sucahyono dalam pembukaan Konsultasi Regional Kementerian PUPR tahun 2021 di Jakarta, Senin.

Menurut Hadi, 128 kawasan yang akan menjadi prioritas pada tahun 2022 tersebut terdapat di setiap pulau mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Papua.

Kepala BPIW berharap kementerian lain bisa menyasar ke 128 kawasan prioritas tahun 2022 tersebut.

Baca juga: Menteri PUPR: Jangan asal-asalan desain infrastruktur

Dalam paparannya Hadi juga menyampaikan dari 128 kawasan yang akan diprioritaskan pada 2022 untuk Pulau Sumatera terdapat 56 kawasan yang akan menjadi prioritas pada tahun 2024.

Beberapa kawasan di Sumatera yang akan diprioritaskan pada tahun 2022 antara lain Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, KEK Tanjung Api-Api, KEK atau Kawasan Industri SEI Mangkei, hingga Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Danau Toba dan DPP Bangka-Belitung.

Kemudian di Pulau Jawa dan Bali terdapat 33 kawasan yang akan diprioritaskan pengembangannya pada tahun 2022. Kawasan-kawasan tersebut antara lain KEK Kendal, KEK Tanjung Lesung, Kawasan Industri Brebes dan Madura hingga DPP Baru Bandung-Halimun, Ciletuh, DPP Borobudur dan DPP Revitalisasi Bali.

Lalu untuk Pulau Kalimantan terdapat 24 kawasan yang akan menjadi prioritas pada tahun 2022, antara lain KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK), Kawasan Industri Ketapang, Kawasan Industri Surya Borneo sampai dengan DPP Baru Derawan Berau.

Baca juga: Kementerian PUPR lanjutkan penanganan delapan danau kritis

Sedangkan untuk kepulauan Nusa Tenggara terdapat 23 kawasan yang akan diprioritaskan pada 2022 antara lain Kawasan Industri Sumbawa Barat, DPP Lombok Mandalika hingga DPP Labuan Bajo.

Kemudian di pulau Sulawesi terdapat 25 kawasan yang akan menjadi prioritas pada tahun depan, antara lain KEK Bitung, Kawasan Industri/KEK Palu, hingga DPP Manado-Likupang, DPP Baru Toraja-Makassar-Selayar, serta DPP Wakatobi.

Untuk di Kepulauan Maluku terdapat 23 kawasan yang akan diprioritaskan pada tahun depan, antara lain DPP/KEK Morotai sampai dengan kawasan perkotaan Ambon dan Kota Baru Sofifi.

Sedangkan untuk Pulau Papua terdapat 46 kawasan yang akan menjadi prioritas tahun 2022 oleh Kementerian PUPR yakni KEK Sorong, Kawasan Industri Teluk Bintuni sampai dengan DPP Raja Ampat dan DPP Biak-Teluk Cendrawasih.

Baca juga: Kementerian PUPR: Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 3 siap dioperasikan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021