Sabet 10 nominasi, film "Mank" dominasi Oscar

Sabet 10 nominasi, film "Mank" dominasi Oscar

Cuplikan film "Mank" (2020). ANTARA/Twitter/NetflixFilms.

Jakarta (ANTARA) - Film "Mank" yang bercerita tentang masa keemasan Hollywood produksi Netflix memimpin nominasi Academy Awards ke-93.

Dilansir Variety, Selasa, drama di balik layar tentang pembuatan "Citizen Kane" ini mencetak 10 nominasi termasuk untuk Film Terbaik, Aktor Terbaik untuk Gary Oldman, Aktris Pendukung Terbaik untuk Amanda Seyfriend dan Sutradara Terbaik untuk David Fincher.

Baca juga: Film David Fincher "Mank" akan rilis di bioskop dan Netflix akhir 2020

Enam film lain mendapat enam nominasi Oscar yakni "The Father", "Judas and the Black Messiah", "Minari", "Nomadland", "Sound of Metal", dan "The Trial of the Chicago 7."

Semua film ini dinominasikan untuk Film Terbaik bersama dengan "Promising Young Woman", sebuah film balas dendam feminis yang mencetak lima nominasi.

Netflix, yang secara agresif pindah ke ruang penghargaan dalam beberapa tahun terakhir, mendominasi kompetisi, dengan meraih 35 nominasi terdepan.

Beberapa filmnya yang masuk nominasi antara lain "Pieces of a Woman", "Ma Rainey's Black Bottom", "The Trial of the Chicago 7" dan "Crip Camp", sebuah film dokumenter tentang hak-hak disabilitas yang didukung oleh Higher Ground, sebuah perusahaan produksi yang didirikan oleh mantan Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama. Tahun lalu, Netflix juga memegang banyak 24 nominasi.

Baca juga: Sutradara wanita dominasi nominasi Golden Globes 2021

Sementara itu, Emerald Fennell ("Promising Young Woman") dan Chloe Zhao ("Nomadland" ) masuk dalam jajaran nominasi Sutradara Terbaik. Mereka menjadi wanita keenam dan ketujuh yang pernah dinominasikan untuk kategori tersebut.

Zhao adalah wanita kulit berwarna pertama yang dinominasikan untuk penyutradaraan. Dia juga wanita pertama yang menerima empat nominasi dalam satu tahun, sementara Fennell menjadi wanita ketiga dengan tiga nominasi dalam satu tahun, bergabung dengan Sofia Coppola dan Fran Walsh, yang keduanya mencapai prestasi itu pada tahun 2003.

Academy Awards 2021 pada kategori akting bisa dibilang yang paling beragam dalam sejarah hampir 100 tahun dengan sembilan aktor/aktris kulit berwarna yang masuk nominasi.

Tonggak sejarah itu datang setelah bertahun-tahun tekanan pada Academy untuk mendiversifikasi keanggotaannya. Pada 2015 dan 2016, Oscar memilih nominasi akting serba putih, sebuah kelalaian yang menginspirasi tagar media sosial #OscarsSoWhite dan membuat Academy berjanji untuk menerima lebih banyak wanita dan orang dengan kulit berwarna dalam jajarannya.

Baca juga: "Perempuan Tanah Jahanam" jadi wakil Indonesia di Oscar 2021

Chadwick Boseman, yang diharapkan dapat membawa pulang piala sebagai Aktor Terbaik untuk karyanya sebagai musisi jazz brilian dalam "Ma Rainey’s Black Bottom" adalah penampil ketujuh yang menerima nominasi anumerta.

Bintang "Black Panther" itu meninggal pada Agustus di usia 43 tahun setelah menderita kanker usus besar. Dua penampil, Heath Ledger ("The Dark Knight") dan Peter Finch ("Network"), telah memenangkan Oscar anumerta untuk kategori akting.

Persaingan begitu ketat untuk Aktor Terbaik yakni Chadwick Boseman, Gary Oldman, Anthony Hopkins ("The Father"), Riz Ahmed ("Sound of Metal") dan Steven Yeun ("Minari") yang menjadi orang Amerika keturunan Asia pertama yang dinominasikan dalam kategori tersebut. Dalam tonggak sejarah lainnya, Ahmed adalah aktor Muslim pertama yang menerima nominasi aktor terbaik.

Nominasi aktris terbaik termasuk Carey Mulligan ("Promising Young Woman"), Viola Davis ("Ma Rainey's Black Bottom"), Andra Day ("The United States v. Billie Holiday"), Vanessa Kirby ("Pieces of a Woman") dan Frances McDormand ("Nomadland").

Oscar edisi 2021 telah membuat serangkaian konsesi terkait pandemi. COVID-19 yang mengharuskan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, kelompok di balik penghargaan tersebut, untuk menunda upacara dari Februari hingga April.

Banyak acara penghargaan, seperti Emmy dan Golden Globes, sebagian besar telah dibuka secara virtual dengan tatap muka yang terbatas. Pertunjukan Oscar tahun ini akan berlangsung di L.A.'s Union Station dan di Dolby Theatre, meskipun tidak jelas apakah para nominasi diharapkan muncul untuk menerima hadiah langsung.

Oscar 2021 akan berlangsung pada 25 April. Priyanka Chopra Jonas dan Nick Jonas mengumumkan nominasi tahun ini.



Baca juga: Daftar lengkap nominasi Oscar 2021

Baca juga: Sembilan kategori awal untuk Oscar 2021

Baca juga: Film kontender Oscar "Nomadland" rilis cuplikan pertama

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kelas standar BPJS Kesehatan diterapkan bertahap mulai 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar