PON 2021 Papua

Jawa Barat siapkan 2.000 dosis vaksin COVID-19 untuk atlet

Jawa Barat siapkan 2.000 dosis vaksin COVID-19 untuk atlet

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar/am.

Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 2.000 dosis vaksin COVID-19 untuk atlet dan ofisial yang akan berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021 di Papua, kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, Selasa.

Sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan PON XX 2021 di Papua, Ridwan mengaku memprediksi PON tetap digelar tahun ini sehingga telah menyiapkan berbagai hal seperti anggaran untuk latihan atlet, termasuk vaksinasi COVID-19.

"Makanya dibanding provinsi lain menurut penuturan para atlet, kita mah terus melakukan latihan tidak berhenti, anggaran juga disesuaikan, jadi harusnya persiapan untuk PON Papua 2021 kita kondisinya primalah," kata dia.

Menurut Ridwan, vaksinasi atlet Jabar ini dilakukan beberapa bulan sebelum PON agar vaksin bisa optimal melawan COVID-19.

"Jangan sampai mepet disuntikkan dekat-dekat mau hari H pelaksanaan PON," kata Ridwan.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menegaskan PON XX tetap dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 di Papua.

Baca juga: PSSI tetapkan sepak bola PON Papua tanpa pemain profesional

“Arahan Bapak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada 2021. Tidak ada penundaan PON karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020,” kata Zainudin usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Menurut Zainudin, pemerintah masih mengkaji kepastian tata cara pelaksanaan kompetisi olahraga dalam PON di mana beberapa opsi disiapkan, meliputi PON tanpa penonton, kapasitas penonton hanya separuhnya, atau dilaksanakan secara normal.

“Tentu ada pertanyaan, akan seperti apa pelaksanaannya, kita akan lihat perkembangannya nanti,” kata dia.

Zainudin menuturkan penerapan protokol kesehatan akan menjadi aspek penting dalam PON dan pemerintah akan mempelajari pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada Juli-Agustus 2021.

“Kita akan lihat penerapannya (Olimpiade Tokyo) seperti apa. Protokol Kesehatan tentu akan menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin,” kata dia.

Presiden Jokowi juga berpesan agar seluruh kontingen PON XX dan masyarakat di lokasi pertandingan divaksin sebelum pertandingan digelar guna memastikan seluruh pihak yang terlibat dalam PON XX aman.

"Bahkan Bapak Presiden juga mengarahkan agar masyarakat di sekitar venue itu divaksin dan memastikan bahwa Oktober nanti mereka semua sudah tervaksin," pungkas Zainudin.

Baca juga: Pemerintah percepat vaksinasi COVID-19 di Papua sambut PON 2021

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sekda dan Kadis positif COVID-19, Pemprov Jabar telusuri kontak erat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar