Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat pada Selasa menggelar vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan di wilayah Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Lurah Petamburan Setyanto. Secara simbolis Lurah Setyanto memberikan stiker sebagai bukti hewan peliharaan warga sudah divaksin.

"Stiker tersebut juga ditempel di rumah warga untuk mengingatkan waktu vaksin tahun depan," kata Setyanto di Jakarta, Selasa.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan pemberian vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan di Kelurahan Petamburan sudah berlangsung sejak Senin, 15 Maret 2021 dan pada Selasa ini merupakan hari terakhir.

Ada pun kegiatan vaksinasi hari pertama dilaksanakan di Sekretariat Kantor Karang Taruna (SKKT), yakni di belakang Kantor Kelurahan Petamburan, sementara hari kedua berlangsung di Kantor Sekretariat RW 06 Kelurahan Petamburan.

Dari pelaksanaan dua hari tersebut, total hewan peliharaan yang sudah divaksin mencapai 90 ekor.

"Totalnya ada 90 ekor hewan peliharaan yang divaksin, yakni kucing 84 ekor, anjing 4 ekor, kera 1 ekor dan musang 1 ekor," kata Penty.

Ia berharap pemilik hewan peliharaan dapat melakukan vaksinasi terhadap hewannya, dan tidak dilepasliarkan di luar rumah.

Sementara itu, Lurah Petamburan Setyanto mengapresiasi kegiatan vaksinasi anti rabies terhadap hewan peliharaan ini sangat baik agar warga merasa nyaman dan aman.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, KPKP Jakpus beri sterilisasi dan vaksinasi gratis
Baca juga: Sudin KPKP Jakbar layani vaksinasi rabies puluhan hewan
Baca juga: Jakarta Utara gelar vaksin rabies hewan peliharaan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021