Jakarta (ANTARA) - Kelompok pewarta peliput PSSI, PSSI Pers, menggelar lomba nyanyian dukungan (chants) kepada klub kesayangan bagi suporter sebagai kampanye #DukungdariRumah yang juga digaungkan pemangku kepentingan sepak bola menjelang bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Dalam pertemuan virtual di Jakarta, Selasa, Ketua PSSI Pers Zainal Hasan menyebut kompetisi tersebut berhadiah total Rp10 juta, dengan rincian juara pertama mendapatkan Rp5,5 juta, peringkat kedua Rp3 juta dan peringkat ketiga Rp1,5 juta.

"Sebagai penyelenggara, kami mencoba turun meramaikan untuk mengadakan lomba chants para suporter dan stakeholder lain demi bisa #DukungDariRumah," kata Zainal.

Untuk mengikuti lomba itu, suporter mengunggah video dukungan saat menyaksikan pertandingan dari rumah. Agar menang, video mesti dibuat semenarik mungkin dengan latar belakang di dalam rumah dan harus sendirian, tidak beramai-ramai serta tidak menyinggung klub atau suporter lain.

Video diunggah ke akun Helo dan media sosial pribadi seperti Instagram, Facebook serta Twitter. Kemudian, video mesti menautkan akun resmi PSSI Pers dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta menyertakan tanda pagar #DukungDariRumah.

Lomba digelar pada 19 Maret-2 April 2021 dengan pemenang dinilai berdasarkan penonton terbanyak dan penilaian panitia.

Baca juga: Kolaborasi senior junior membuat PSM optimistis

Kompetisi itu mendapat apresiasi dari Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PSSI Pers atas inisiatifnya. Ini bisa memicu kreativitas para suporter yang tak dapat hadir langsung di stadion," kata Akhmad.

Piala Menpora 2021 yang diikuti tim-tim Liga 1 Indonesia berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021.

Turnamen pramusim ini akan dibuka di Stadion Manahan, Solo, pada 21 Maret 2021 dengan laga perdana Arema FC versus Tira Persikabo.

Piala Menpora 2021 digelar dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satu prosedur yang wajib dijalankan adalah tidak boleh ada suporter yang hadir di stadion.

Suporter tak diperkenankan juga membuat kerumunan dan melaksanakan nonton bareng (nobar). Semua pendukung klub yang bertanding diminta untuk menonton dari rumah.

Baca juga: Persita datangkan Irsyad Maulana untuk perkuat lini tengah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021