Jika ada pemain yang tak bisa bermain untuk klubnya maka dia tidak bermain untuk negaranya
Jakarta (ANTARA) - Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho membuat Son Heung-min diragukan bisa tampil memperkuat timnas Korea Selatan saat melawan Jepang pekan depan.

Son sudah diumumkan masuk skuad timnas Korea Selatan dalam laga persahabatan 25 Maret itu sekalipun pemain itu berjalan pincang karena cedera hamstring dalam derbi London melawan Arsenal pekan lalu.

Striker itu juga dicoret dari skuad Spurs untuk leg kedua 16 Besar Liga Europa melawan Dinamo Zagreb, Jumat dini hari esok. Tim London itu mengendalikan laga berkat menang 2-0 dalam leg pertama.

Baca juga: Harry Kane antar Tottenham tundukkan Dinamo Zagreb di leg pertama

Mourinho mengatakan seandainya Son absen dalam pertandingan melawan Aston Villa, Senin dini hari pekan depan maka dia tidak bisa membela negaranya dalam pertandingan melawan Jepang di Yokohama.

"Jika ada pemain cedera maka tak peduli itu laga persahabatan atau resmi," kata Mourinho seperti dikutip AFP. "Jika kami menghadapi pekan depan dan dia masih cedera dan kami bisa membuktikan kepada asosiasi sepak bola Korea, lalu bisa apa mereka?"

"Jika ada pemain yang tak bisa bermain untuk klubnya maka dia tidak bermain untuk negaranya."

Baca juga: Sukses padukan Kane dan Son Heung-min, Mourinho puji Pochettino
Baca juga: Son Heung-min untuk kelima kalinya jadi pesepakbola terbaik Korsel

Menjuarai Liga Europa menjadi rute paling mungkin bagi Spurs untuk lolos ke Liga Champions musim depan dan Mourinho menyatakan Harry Kane akan dimainkan melawan Zagreb nanti sekalipun pemain itu mesti membela timnas Inggris setelah itu.

Inggris menghadapi San Marino, Albania dan Polandia dalam kualifikasi Piala Dunia mendatang. Mourinho berharap pemain bintangnya itu tidak diturunkan dalam tiga pertandingan tersebut.

"Jika kami bisa memilih kami tak mau pemain-pemain kami memainkan tiga pertandingan, tapi itu bukan kuasa kami. Itu kuasa manajer timnas mereka," kata Mourinho.

"Tak ada yang bisa kami katakan. Jika ada orang tanya saya 'apakah dia akan bermain besok atau apakah dia akan diistirahatkan?' Saya sudah jawab dia akan bermain," sambung Mourinho seraya menyebutkan laga melawan Zagreb itu penting sehingga Kane harus dimainkan.

Baca juga: Mourinho bertekad hiasi tonggak karirnya dengan trofi untuk Spurs
Baca juga: Jose Mourinho yakin Son Heung-min ingin pensiun di Tottenham Hotspur
Baca juga: Son Heung-min pantas diganjar kontrak baru, kata Mourinho

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021