Di sinilah kami membantu untuk memfasilitasi para pelaku UMKM yang memang membutuhkan permodalan
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terbuka dan akan membantu para pelaku UMKM yang berminat untuk difasilitasi dalam mendapatkan pembiayaan atau permodalan.

"Pada prinsipnya kami terbuka bagi teman-teman UMKM yang berminat untuk difasilitasi dalam mendapatkan pembiayaan. Kami akan membantu," ujar Bendahara YDBA Handoko Pranoto dalam Jelajah Virtual UMKM di Jakarta, Kamis.

Menurut Handoko, YDBA memiliki program untuk membantu pelaku UMKM, terutama bagi mereka yang membutuhkan bantuan pembiayaan.

Sebagaimana diketahui bahwa YDBA merupakan bagian dari Astra Grup dan di Astra Grup sendiri memiliki beberapa institusi keuangan seperti Astra Mitra Ventura dan sebagainya.

"Di sinilah kami membantu untuk memfasilitasi para pelaku UMKM yang memang membutuhkan permodalan," kata Handoko.

Baca juga: Yayasan Dharma Bhakti Astra intens beri pendampingan daring ke UMKM

Sebagai catatan memang tidak semua pelaku UMKM membutuhkan bantuan permodalan, tetapi bagi yang membutuhkan permodalan, kata dia, maka YDBA akan membantu fasilitasi selain kepada institusi keuangan dari Astra Grup, di mana YDBA juga bekerja sama dengan beberapa bank yang memberikan fasilitas pembiayaan seperti KUR yang terdapat di lokasi-lokasi UMKM binaan YDBA.

Di samping itu YDBA memiliki juga misi untuk membantu dan memfasilitasi akses pasar bagi pelaku UMKM, terutama di masa pandemi ini.

Beberapa hal yang telah YDBA lakukan dalam membantu dan memfasilitasi bagi UMKM untuk bisa masuk ke pasar daring dan melakukan diversifikasi produk.

Contohnya untuk pasar daring, YDBA membantu bagaimana pelaku UMKM memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk memasarkan produk mereka.

Terkait diversifikasi produk, seperti pada awal pandemi, YDBA mengarahkan pelaku UMKM untuk memproduksi alat kesehatan seperti APD yang saat ini sangat dibutuhkan.

Baca juga: Menperin puji capaian Yayasan Dharma Bhakti Astra

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021