RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang akan dijadikan rumah sakit jejaring RS Harapan Kita dalam pelayanan kesehatan jantung
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Jantung, dan Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita (RSJPDHK), Jakarta, untuk menghadirkan layanan kesehatan jantung di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, yakni menjadikan RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang akan dijadikan rumah sakit jejaring.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang Fuad Fauzi di Malang, Kamis mengatakan bahwa dari hasil pertemuan antara Bupati Malang M Sanusi, dan pihak Rumah Sakit Harapan Kita bersepakat untuk menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan sebagai rumah sakit jejaring.

"RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang akan dijadikan rumah sakit jejaring RS Harapan Kita dalam pelayanan kesehatan jantung," katanya.

RSJPDHK merupakan rumah sakit khusus yang menjadi pusat rujukan penanganan penyakit jantung, dan pembuluh darah. Rumah sakit tersebut, memiliki sejumlah pelayanan unggulan diantaranya intervensi nonbedah, aritmia, bedah jantung dewasa, dan anak, dan lainnya.

Ia menjelaskan nantinya, Rumah Sakit Harapan Kita akan menjadi pengampu dalam penanganan penyakit jantung di RSUD Kanjuruhan, yang terletak di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Menurut Fuad pemenuhan sumber daya manusia (SDM), dan sarana prasarana di RSUD Kanjuruhan untuk pelayanan penyakit jantung, nantinya akan disiapkan secara bertahap oleh RS Harapan Kita sebagai pengampu.

"Untuk SDM, serta sarana, prasarana dalam pelayanan penyakit jantung, secara bertahap akan dipenuhi oleh Rumah Sakit Harapan Kita sebagai pengampu," katanya.

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Malang rencananya juga akan membangun gedung khusus yang nantinya akan dipergunakan sebagai pusat pelayanan kesehatan jantung one stop service.

Diharapkan dengan adanya jejaring tersebut, RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Harapannya, dari jejaring ini, RSUD Kanjuruhan mampu turut meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Malang," demikian Fuad Fauzi.

Baca juga: Dinkes Malang targetkan vaksinasi nakes rampung awal Februari 2021

Baca juga: RSJPD Harapan Kita ikuti akreditasi internasional

Baca juga: RSJPDHK Jakarta Gencarkan Balonisasi Tangani Jantung

Baca juga: Aplikasi "DETAK" penderita jantung dikembangkan peneliti UB Malang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021