Perindo-Hipmikimdo sepakat dorong pertumbuhan ekonomi UMKM perikanan

Perindo-Hipmikimdo sepakat dorong pertumbuhan ekonomi UMKM perikanan

Perum Perindo dan Hipmikimdo menandatangani nota kesepahaman dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui bidang UMKM perikanan. ANTARA/HO-Perum Perindo

Perum Perindo dan Hipmikimdo bekerja sama agar UMKM tidak boleh tertinggal dan harus go digital, UMKM tidak boleh lagi gaptek
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) menandatangani nota kesepahaman dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM perikanan.

"Perum Perindo dan Hipmikimdo bekerja sama agar UMKM tidak boleh tertinggal dan harus go digital, UMKM tidak boleh lagi gaptek," kata Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Fatah mengungkapkan saat ini mitra perusahaannya seperti nelayan, petambak dan suplier sudah menerapkan digitalisasi melalui transaksi nontunai atau cashless. Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi transaksi tunai.

Selain itu, di bidang perikanan sudah ada aplikasi digital FishOn yang sebelumnya Perindo sudah bekerja sama untuk optimalkan serapan ikan nelayan.

Aplikasi tersebut dapat membantu nelayan mengakses GPS yang menunjukkan lokasi dengan ikan terbanyak. FishOn juga dapat mengakomodasi lelang secara online.

"Lini usaha lain yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM adalah pabrik pakan ikan dan udang Perum Perindo. Pabrik pakan yang berlokasi di Subang ini sudah melayani mitra UMKM petambak dari Lampung, Jatiluhur dan beberapa daerah lainnya," kata Fatah.

Ketua Umum Hipmikimdo Laurensius Manurung mengatakan kerja sama ini merupakan momen bersejarah antara Perindo dan Hipmikimdo, karena itu harus dimanfaatkan secara baik oleh seluruh UMKM bidang perikanan di seluruh Indonesia.

“Ini peluang yang harus dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi negeri melalui hasil perikanan, kelautan, budidaya laut dan budidaya darat,” kata Laurensius.

Baca juga: KKP salurkan bantuan Rp4,52 miliar ke UMKM perikanan di Jawa Tengah

Baca juga: Pandemi, KKP: Pemasaran digital penting bagi UMKM perikanan

Baca juga: KKP dorong UMKM perikanan antisipasi perubahan pola belanja masyarakat

Baca juga: UU Cipta Kerja disebut bakal perbanyak jumlah UMKM perikanan

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KPK tetapkan Dirut Perum Perindo sebagai tersangka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar