Liga Europa

Arsenal lanjut ke perempat final walau kalah di leg kedua

Arsenal lanjut ke perempat final walau kalah di leg kedua

Dua pemain Arsenal Granit Xhaka (kiri) dan Gabriel Martinelli merayakan kelolosan ke babak perempat final Liga Europa sementara bek Olympiakos Sokratis Papastathopoulos menyesali hasil selepas leg kedua 16 besar di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis (18/3/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Hannah McKay.

Jakarta (ANTARA) - Arsenal melanjutkan langkah mereka ke perempat final Liga Europa walau menelan kekalahan 0-1 melawan Olympiakos dalam leg kedua babak 16 besar di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Gol Youssef El Arabi membawa Olympiakos menang di laga kali ini, tetapi Arsenal tetap lolos dengan agregat 3-2 berbekal kemenangan 3-1 dalam leg pertama sepekan yang lalu, demikian catatan laman resmi UEFA.

Catatan statistik pertandingan memperlihatkan Arsenal tampil agresif dengan melepaskan sedikitnya 12 percobaan tembakan sepanjang laga kendati hanya memiliki 45 persen penguasaan bola.

Baca juga: Gol perdana Odegaard warnai kemenangan Arsenal di markas Olympiakos

Nicolas Pepe sempat memperdaya kiper Jose Sa pada menit ke-17 dan berpeluang membawa Arsenal memimpin, tetapi tembakan penyelesaiannya bisa dihadang oleh Sokratis Papastathopoulos sebelum menghantam sisi luar jala gawang.

Tiga menit kemudian, giliran Olympiakos yang mengancam lewat umpan panjang Sa yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Arsenal dan mampu dikejar oleh El Arabi, beruntung kiper Bernd Leno mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Di pengujung babak pertama, Arsenal kembali memperoleh peluang bagus saat Dani Ceballos mengirim umpan tarik yang berusaha diselesaikan oleh Emile Smith Rowe, sayang tembakan melengkungnya masih bisa diamankan oleh Sa.

Arsenal tak mengawali babak kedua dengan baik dan Olympiakos dua kali mengancam lewat Kostas Fortounis dan Jose Holebas yang sayangnya masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-51, lagi-lagi lini belakang Arsenal gagal mengantisipasi bola-bola panjang dan El Arabi memanfaatkannya dengan melewati hadangan David Luiz sebelum mencetak gol membawa Olympiakos memimpin.

Baca juga: Arteta tak mau Arsenal lakukan kesalahan saat lawan Olympiakos

Menyadari Olympiakos memperoleh momentum untuk membalikkan agregat, Arsenal tampak terbangun dari tidurnya tetapi tembakan sentuhan pertama Pepe malah membentur Smith Rowe sehingga melenceng dari sasaran.

Lantas Pepe membuang dua peluang lain diikuti kapten mereka, Pierre-Emerick Aubameyang, yang gagal menemui sasaran saat berusaha memperdaya Sa pada menit ke-80.

Dua menit kemudian, tugas Arsenal diringankan ketika Ousseynou Ba menerima kartu kuning keduanya sehingga membuat Olympiakos harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain di lapangan.

Pada menit ke-87, Arsenal memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan sekaligus mengunci lebih awal langkah mereka ke perempat final tetapi penyelesaian Aubameyang atas umpan silang Gabriel Martinelli disambut dengan penyelamatan gemilang oleh Sa.

Kendati kedudukan 0-1 tak berubah hingga bubaran, Arsenal terselamatkan tetap melangkah ke babak perempat final berkat hasil leg pertama sepekan yang lalu.

Undian babak perempat final dijadwalkan dilakukan UEFA pada Jumat sore nanti.

Baca juga: Solskjaer tak mau kemajuan Man Utd diukur dari trofi
Baca juga: Ibrahimovic siap diturunkan lawan Manchester United
Baca juga: Pelatih Dinamo Zagreb mundur usai dipidana penipuan jelang jamu Spurs

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar