Jakarta (ANTARA) - Garena mengumumkan turnamen dunia mendatang, Free Fire World Series 2021 Singapore (FFWS 2021 SG) akan menawarkan total hadiah 2.000.000 dolar AS atau sekitar Rp28 miliar yang merupakan angka terbesar sepanjang sejarah kompetisi esport Free Fire.

FFWS 2021 SG akan berlangsung di Singapura pada Mei 2021 untuk menandai awal kembalinya turnamen esport internasional Free Fire yang normal setelah diadakan secara online.

"Kami tahu bahwa World Series sangat dinantikan oleh para pemain dan penggemar sehingga kami bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memastikan kami tetap dapat mempersembahkan turnamen Free Fire terbaik ini. Keselamatan telah dan akan terus menjadi prioritas terbesar kami saat melaksanakan acara tersebut," ujar Global Esports Manager Garena Justin Lye dalam keterangan tertulis, Jumat.

FFWS 2021 SG akan menggelar babak Play-ins pada 22 Mei dan putaran final pada 29 Mei -- sebelumnya diumumkan akan digelar 24 April (Play-Ins) dan 1 Mei (Finals), namun diundur karena pandemi global.

Sebanyak 22 tim dari 14 kawasan akan bertanding di Singapura untuk menjadi juara dunia Free Fire.

Babak Play-Ins akan mempertemukan 12 tim yang menempati posisi pertama atau kedua dalam turnamen tingkat regional masing-masing.

Baca juga: Pekan keempat MPL Season 7, Alter Ego akan bertemu EVOS dan Onic

Dua tim teratas kemudian akan bergabung dengan 10 tim terbaik dunia yang sudah menunggu pada  babak Finals.

Seluruh tim akan bertanding dalam 6 putaran, pada 3 peta, untuk menjadi yang terakhir bertahan hidup, dengan poin berdasarkan rangking setiap putaran dan jumlah kills.

World Series merupakan turnamen esports terbesar dan paling ikonik dari Free Fire. Turnamen perdananya, Free Fire World Series 2019, ditonton oleh lebih dari 2 juta penonton dalam waktu bersamaan, yang kemudian menjadi rekor dunia untuk turnamen esports game selular pertama, menurut Esports Charts.

Garena memastikan semua aktivitas sejalan dengan protokol kesehatan masyarakat dan kebijakan perjalanan yang berlaku.

Untuk mencapai tujuan ini, Garena menyelenggarakan FFWS 2021 SG dengan dukungan Singapore Tourism Board (STB).

"Kami bangga dapat mendukung Garena dalam penyelenggaraan FFWS 2021 SG, salah satu turnamen esport terkemuka di dunia. Kembalinya acara tersebut membuktikan reputasi Singapura yang berkembang sebagai tujuan esport serta kemampuan kami untuk menyelenggarakan acara tersebut dengan aman," kata Executive Director Attractions, Entertainment, and Tourism Concept Development for Singapore Tourism Board, Jean Ng.

"Kami berharap dapat menyambut semua tim yang memenuhi syarat ke Singapura, dan bekerja sama dengan penyelenggara menuju acara yang aman dan sukses."

Garena juga bekerja sama dengan berbagai pakar dan organisasi industri, termasuk Singapore Cybersports and Online Gaming Association (SCOGA).

Baca juga: Kejuaraan MotoGP eSport siap bergulir kembali 18 Maret

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021