Bogor (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bogor terhadap orang lanjut usia (lansia) dengan cara "drive thru" atau tidak turun dari kendaraan dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kota Bogor yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan model lain yang mudah diikuti oleh warga yang menjadi sasaran," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Pajajaran Kota Bogor, Jabar, Jumat.

Presiden Joko Widodo yang hadir mengenakan kemeja putih lengan panjang, tampak melihat proses pelaksanaan vaksinasi dengan cara "drive thru" kepada lansia, mulai dari pendaftaran, skrining, penyuntikan vaksin, hingga observasi.

Baca juga: MUI minta warga Muslim tak ragu jalani vaksinasi COVID-19 saat puasa

"Saya melihat pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bogor dengan cara 'drive thru' ini semua prosesnya berjalan lancar," katanya. Pelaksanaan vaksinasi seperti ini dinilainya dapat memperkuat vaksinasi di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo juga tampak menyempatkan diri berdialog dengan beberapa lansia yang menjadi sasaran penerima vaksin COVID-19, termasuk dengan lansia yang telah berusia 92 tahun.

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan melaksanakan vaksinasi dengan cara "drive thru" kepada warga lansia, guna memudahkan lansia mengikuti proses vaksinasi, karena tidak perlu turun dari kendaraan.

Pemerintah Kota Bogor saat ini menyediakan vaksin untuk sekitar 22.000 orang sasaran pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, sedangkan lansia yang terdata di Dinas Kesehatan Kota Bogor ada 61.178 orang.*

Baca juga: Presiden tinjau pelaksanaan vaksinasi massal di Bogor
Baca juga: Legislator: Prioritas vaksinasi juga berdasarkan infrastruktur PJJ

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021