Jakarta (ANTARA) - Listrik Indonesia, majalah yang fokus menyajikan informasi ketenagalistrikan, memberikan secara langsung penghargaan “Apresiasi untuk Prestasi” kepada 5 kategori individu/tokoh, 16 korporasi, dan 4 pimpinan perusahaan ketenagalistrikan.

Ketua Dewan Panel “Apresiasi untuk Prestasi” Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat, menuturkan bahwa ada 52 kandidat pimpinan perusahaan dan korporasi yang diseleksi oleh Tim Listrik Indonesia.

Kemudian melalui dua tahap penilaian oleh Dewan Panel sehingga ditetapkan ada 16 korporasi dan 4 pimpinan perusahaan yang memperoleh penghargaan ini. Selain itu, Listrik Indonesia juga memberikan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian 5 tokoh kelistrikan nasional.

“Penghargaan ini bisa menjadi bentuk recognize [pengakuan], misalnya terkait dengan komitmen dalam penggunaan konten lokal [TKDN]. Tentu akan berdampak positif bagi penerima penghargaan ini. Kami sangar serius dalam melakukan penilaian agar betul-betul layak dan sesuai dengan kategori yang kami berikan,” ujar Herman Darnel saat menyerahkan penghargaan tersebut di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Dewan Panel dan Direktur Mega Project & EBT PT PLN (Persero) M. Ikhsan Asaad Selain Herman Darnel anggota Dewan Energi Nasional 2020-2025, dua tim panel lainnya adalah Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa (Rektor IT-PLN), dan Nasri Sebayang (pakar kelistrikan).

Ajang penghargaan tersebut sebagai rangkaian HUT Ke-12 Listrik Indonesia. Apresiasi ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi dalam pembangunan ketenagalistrikan di Tanah Air.

Herman Darnel Ibrahim mengatakan bahwa apresiasi seperti ini sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi para pihak di ketenagalistrikan.

Managing Director Listrik Indonesia Irwadhi Marzuki menjelaskan bahwa proses penilaian oleh tiga Dewan Panel dilakukan secara transparan, kredibel, dan berdasarkan data-data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta pemberian kategori yang sudah tepat sesuai dengan kontribusi perusahaan.

“Kami dengan bangga menyerahkan penghargaan “Apresiasi untuk Prestasi” kepada 5 individu, 4 pimpinan perusahaan, dan 16 perusahaan ketenagalistrikan. Kami berharap para penerima penghargaan ini dapat terus berkontribusi dan berkarya untuk ketenagalistrikan nasional,” tutur Irwadhi.

Ikhsan Asaad menyampaikan selamat kepada seluruh penerima penghargaan ini yang telah berkontribusi besar dan mendukung ketenagalistrikan.

Dia menambahkan dukungan industri kelistrikan sangat diperlukan karena PLN tidak dapat bekerja sendiri dalam membangun ketenagalistrikan. “Kami butuh dukungan dari para mitra dalam membangun ketenagalistrikan.”

Menurut dia, PLN akan memprioritaskan industri kelistrikan memiliki pabrik di dalam negeri. “TKDN di PLN pada tahun lalu minimal 40 persen.”

Adapun, penerima penghargaan untuk kategori individu sebanyak 5 orang salah satunya Sri Andini untuk kategori Kepedulian dalam Aktivitas Sosial Ketenagalistrikan dan Djiteng Marsudi kategori Integritas dan Dedikasi dalam Ketenagalistrikan.

Kemudian untuk kategori pimpinan perusahaan sebanyak 4 orang. Serta kategori korporasi 16 perusahaan, antara lain PT Voksel Electric Tbk, dengan penghargaan “Komitmen dalam Penyediaan Kabel yang Beragam dan Berkualitas” dan PT Geo Dipa Energi (Persero) dengan nama penghargaan “Kesuksesan dalam Transformasi Manajemen”.

Baca juga: Rekind komitmen optimalkan TKDN kelistrikan nasional

Baca juga: Listrik Indonesia beri apresiasi "stakeholder" kelistrikan dan energi


Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021