Instagram tambah fitur keamanan untuk pengguna remaja

Instagram tambah fitur keamanan untuk pengguna remaja

Fitur notifikasi untuk Direct Messages di Instagram. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Platform berbagi foto dan video Instagram memperbarui fitur keamanan mereka untuk menjaga pengguna anak muda.

Fitur keamanan tersebut, antara lain membatasi aktivitas di fitur Direct Messages hingga panduan untuk orang tua, dikutip dari siaran resmi Instagram pada Sabtu.

Panduan untuk orang tua
Instagram memperbarui panduan untuk orang tua, yang kini berisi penjelasan tentang fitur keamanan, pengaturan privasi, tips dan sejumlah inspirasi pernyataan untuk membuka percakapan dengan remaja seputar pengalaman di media sosial.

Di Amerika Serikat, Singapura, Indonesia, Brazil, Argentina, India, Meksiko dan Jepang, Instagram bekerja sama dengan ahli dan institusi untuk isu media sosial di kalangan remaja.

Baca juga: Akses Instagram dan WhatsApp pulih

Batasan usia
Instagram selama ini mewajibkan pengguna berusia minimal 13 tahun untuk bergabung ke platform tersebut. Instagram sudah mengadakan verifikasi untuk memastikan pengguna mematuhi batasan usia.

Terbaru, platform ini mengaplikasikan kecerdasan buatan untuk membantu remaja menerapkan fitur-fitur yang sesuai dengan usia mereka.

Membatasi fitur DM
Instagram kini membatasi fitur pesan pribadi Direct Messages atau DM untuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun. Orang dewasa tidak bisa mengirim DM kepada remaja yang bukan pengikut mereka.

Fitur ini mengandalkan kemampuan pembelajaran mesin atau machine learning untuk memprediksi usia pengguna, yang dimasukkan ketika mendaftar Instagram. Platfom tersebut sedang berupaya beralih ke teknologi enkripsi end-to-end.

Notifikasi di DM
Instagram juga memperkenalkan fitur notifikasi di fitur DM untuk mendorong pengguna remaja berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang dewasa yang sudah terhubung dengan mereka.

Notifikasi akan muncul jika Instagram menemukan ada pengguna dewasa yang berperilaku mencurigakan ingin berinteraksi lewat DM, misalnya ketika pengguna dewasa mengirim banyak permintaan pertemanan kepada pengguna di bawah 18 tahun.

Instagram akan memperingatkan remaja penerima pesan dan memberikan pilihan untuk mengakhiri percakapan, memblokir atau melaporkan pengirim pesan.

Perbaikan di "Suggested Users"
Instagram akan membatasi pengguna dewasa melihat akun remaja melalui fitur "Suggested Users", terutama untuk orang dewasa yang berperilaku mencurigakan.

Pembatasan ini juga berlaku untuk fitur Explore dan Reels.

Akun privat
Instagram akan menawarkan opsi mengaktifkan akun privat kepada pendaftar yang berusia di bawah 18 tahun agar mereka bisa mempelajari perbedaan antara akun publik dan privat.


Baca juga: Instagram luncurkan versi Lite di 170 negara

Baca juga: Facebook uji coba fitur di India untuk bagikan Reels Instagram di feed

Baca juga: Youtube Shorts mulai dirilis di Amerika

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Profesi Selebgram, pekerjaan milenial yang menghasilkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar