Masyarakat harus dibekali ilmu yang mumpuni agar cerdas dalam memilih produk yang akan dikonsumsi.
Makassar (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham mengajak masyarakat (konsumen) cerdas memilih produk dengan melakukan Cek Klik sebelum membeli berbagai produk, terlebih pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Cek Klik ini merupakan upaya cerdas dalam memilih produk dengan cara mengecek kemasan produk, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa produk terlebih dahulu sebelum dibeli.

"Masyarakat harus dibekali ilmu yang mumpuni agar cerdas dalam memilih produk yang akan dikonsumsi," kata Aliyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Baca juga: Pengaduan konsumen paling banyak terkait "e-commerce"

Menurutnya, di tengah pandemi COVID-19, menjaga kesehatan menjadi hal mutlak. Pemahaman tentang berbagai bahan pangan maupun obat-obatan yang aman ataupun berbahaya penting dimiliki oleh setiap orang.

Untuk itu, bersama mitra dari BBPOM, Aliyah Mustika Ilham menggelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi dan edukasi terkait obat, kosmetik, dan pangan.

"Kami ingin memberi edukasi kepada masyarakat tentang produk obat, kosmetik maupun pangan. Agar mereka lebih bijak dalam memilih produk, tidak mudah tergiur dengan berbagai produk yang ditawarkan," jelasnya.

Baca juga: Komunitas Konsumen Indonesia minta pemerintah hapus PPN obat

Peserta sosialisasi terlihat sangat antusias menyimak materi yang disajikan, bahkan beberapa dari mereka menyempatkan bertanya terkait cara-cara mendapatkan izin BBPOM untuk produk yang mereka miliki.

"Terima kasih ibu Aliyah dan BBPOM, materi ini sangat membantu dan menginspirasi kami, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha rumahan seperti saya. Ibu memang layak mendapatkan penghargaan Inspiring women," ujar Haryati, salah seorang peserta sosialisasi.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021