Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menjadwalkan aksi politik hijau di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (21/3) melalui gerakan penghijauan gelombang tiga atau penanaman sejumlah pohon.

"Ibu Megawati akan menyumbang tiga pohon yang cukup langka untuk ditanam pada kegiatan ini," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pada kegiatan gerakan penghijauan tersebut, para pengurus dan kader partai akan menanam 24 jenis pohon di antaranya baobab, eboni, eben merak, hopea, ulin, kepel, asam, genip, pala, mahoni afrika, cassia fistula, buni, pohon anggur laut, dan keben atau butun dan lain sebagainya.

Baca juga: Politik hijau PDI Perjuangan saat bersepeda santai di Monas dan GBK

"Panitia telah menyiapkan lubang untuk pohon-pohon tersebut," kata Hasto.

Selain menanam pohon di GBK, aksi penghijauan dan tebar benih ikan juga dilakukan di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan pada hari yang sama.

"Ada sekitar 300 pohon mangga dan rambutan yang akan ditanam. Lalu menebar 10 ribu benih ikan nila, ikan mujair, ikan mas dan ikan lele," ujarnya.

Baca juga: Sekjen PDI-P gowes serentak kampanyekan politik hijau

Sejumlah kader partai dijadwalkan hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Sosial Tri Rismaharini yang merupakan kader partai, Yasona Laoly dan lain sebagainya.

Ia menambahkan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri juga berpesan agar kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk menghindari kemungkinan paparan COVID-19.

"Protokol kesehatan jangan sampai dilanggar dan semua yang terlibat harus disiplin," katanya.

Baca juga: Politik hijau bisa jadi opsi berdemokrasi rakyat kebanyakan

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021