Info Haji

Dinas Kesehatan OKU vaksinasi COVID-19 ratusan calon jamaah haji

Dinas Kesehatan OKU vaksinasi COVID-19 ratusan calon jamaah haji

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Vaksinaai untuk CJH asal OKU ini dimulai Senin (22/03)
Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, segera melakukan vaksinasi COVID-19 kepada ratusan calon jamaah haji (CJH) di wilayah setempat yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

"Vaksinaai untuk CJH asal OKU ini dimulai Senin (22/03)," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Minggu.

Tercatat sebanyak 297 CJH asal OKU yang akan disuntik vaksin secara bertahap sebelum berangkat ke Arab Saudi agar terhindar dari penyebaran virus corona saat menjalankan ibadah haji.

Baca juga: 297 calhaj OKU-Sumsel persiapkan diri berangkat ke Tanah Suci

Pelaksanaan vaksin itu sendiri, kata dia, akan dilaksanakan di setiap puskesmas masing-masing atau di wilayah domisili CJH.

"Jadi, mulai besok para jemaah bisa datang ke puskesmas terdekat untuk divaksin," katanya.

Terkait pemberian vaksin bagi lansia mengingat sebagian besar CJH ini berusia di atas 60 tahun, Andi mengakui bahwa mereka tetap bisa divaksin asalkan memenuhi syarat atau melewati tahap pemeriksaan kondisi riwayat penyakit bawaan.

Meskipun sudah lansia, lanjut dia, CJH tetap bisa divaksin jika tidak memiliki riwayat penyakit bawaan seperti jantung, gagal ginjal, diabetes.

Baca juga: Meski batal berangkat, CJH OKU pilih tak tarik pelunasan biaya haji

"Jadi tidak ada lagi batasan usia asalkan CJH melewati tahap pemeriksaan riwayat penyakit bawaan, bisa divaksin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU, Ishak Putih melalui Kasi Haji dan Umrah, Abdul Muis sebelumnya menyampaikan vaksinasi untuk 297 CJH ini akan dilaksanakan secara bertahap di puskesmas di wilayah kecamatan masing-masing.

"Untuk tahap awal proses vaksinasi CJH asal Kabupaten OKU ini akan dilaksanakan di Puskemas Tanjung Agung," ungkapnya.

Baca juga: Himpuh minta pemerintah siapkan vaksin COVID-19 untuk calon haji

Pemberian vaksin Sinovac ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi jemaah dari penyebaran virus corona baik dalam perjalanan haji maupun saat berada di Arab Saudi.

"Mudah-mudahan kalau tidak ada kendala 279 CJH yang sudah melunasi biaya perjalanan haji ini akan berangkat pada akhir Juni atau awal Juli 2021," ujarnya.

Baca juga: AMPHURI: Indonesia siap penuhi syarat vaksin COVID-19 bagi calon haji

Baca juga: Arab Saudi: Vaksin COVID-19 diwajibkan untuk Haji 2021

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Festival Vaksin di Palu hingga vaksinasi 500 orangtua siswa SPN Kalteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar