Kalbar ajukan Pesona Kulminasi Matahari kalender wisata Indonesia

Kalbar ajukan Pesona Kulminasi Matahari kalender wisata Indonesia

Tangkapan layar - Kepala Dinas Dispopar Kalbar, Windy Prihastari, memberikan sambutan dalam pelaksanaan Pesona Kulminasi Matahari tahun 2021 di Tugu Khatulistiwa Pontianak, Minggu (21/3/2021) secara virtual. ANTARA/Nuritasya

Pesona Kulminasi Matahari ini sudah kami ajukan sebagai kalendar wisata Indonesia dan saat ini masih dalam tahap penjurian kedua untuk masuk ke dalam kegiatan nasional oleh kurator-kurator dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mengajukan Pesona Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu kegiatan kalender wisata Indonesia.

“Pesona Kulminasi Matahari ini sudah kami ajukan sebagai kalendar wisata Indonesia dan saat ini masih dalam tahap penjurian kedua untuk masuk ke dalam kegiatan nasional oleh kurator-kurator dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Kepala Dinas Dispopar Kalbar, Windy Prihastari, di Pontianak, Minggu.

Ia menyampaikan, warga Kalbar khususnya Kota Pontianak harus bangga karena memiliki peristiwa Pesona Kulminasi Matahari yang tidak ada di provinsi-provinsi lain.

“Untuk itu, kita sebagai warga Kota Pontianak maupun Provinsi Kalbar harus bangga mempunyai peristiwa Pesona Kulminasi Matahari yang tidak terjadi di provinsi lainnya,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pada saat pandemi COVID-19 dapat dilakukan persiapan acara atau destinasi pariwisata dengan bertujuan memajukan pariwisata Kalbar khususnya Kota Pontianak.

“Pada saat pandemi ini, kami mempersiapkan atau kegiatan atau destinasi pariwisata. Sehingga pada saat normal nanti sudah lengkap dari segi infrastruktur maupun sarana dan prasarananya. Dengan demikian kita dapat memajukan Kalbar dan khususnya Kota Pontianak,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Pontianak menyampaikan pada 23 Maret nanti akan ada koordinasi dari Mabes TNI tentang pengelolaan lahan Tugu Khatulistiwa.

“Tanggal 23 nanti ada tim dari Mabes TNI yang akan berkoordinasi tentang pengelolaan lahan, karena lahan ini masih merupakan milik TNI,” kata dia.

Ia mengatakan, apabila lahan Tugu khatulistiwa dapat dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkota) Pontianak, Tugu Khatulistiwa akan dijadikan destinasi wisata yang lebih baik dan menjadi unggulan Kota Pontianak maupun Kalbar.

“Apabila nanti dapat dikelola oleh Pemkot akan kami jadikan kawasan ini menjadi lebih baik lagi sebagai salah satu wisata unggulan di Kota Pontianak maupun Kalbar. Kemudian kami berharap Pesona Kulminasi Matahari tahun selanjutnya dapat diselenggarakan dengan lebih semarak lagi," kata dia.

Pada 21 - 23 Maret ini Disporapar Kota Pontianak menggelar Pesona Kulminasi Matahari tahun 2021 di Tugu Khatulistiwa Pontianak secara virtual.

Baca juga: Saat hari tanpa bayangan, pengunjung Tugu Khatulistiwa melonjak tinggi

Baca juga: 1.220 telur berdiri di Pontianak tembus rekor MURI

Baca juga: Pontianak gelar berbagai atraksi saat matahari capai kulminasi


 

Pewarta: Dedi/ Tim Magang Poltesa Nuritasya
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tambah koleksi digital, pengunjung Perpusda Kalbar meningkat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar