Jakarta (ANTARA) - Indonesia Patriots tampil menguasai kuarter keempat saat membekuk Bali United Basketball 89-77 dalam lanjutan Seri II Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di gelembung Robinson Resort, Bogor, Minggu.

Hasil itu membawa Patriots kembali ke jalur kemenangan, setelah awal musim sempurna mereka berakhir di tangan Satria Muda Pertamina Jakarta dua hari yang lalu.

Sedangkan Bali United menelan dua kekalahan beruntun setelah rentetan tiga kemenangan mereka terhenti pada Sabtu kemarin.

Kontribusi para pemain Patriots relatif merata dalam kemenangan kali ini, tetapi calon pemain naturalisasi dari Senegal Dame Diagne paling menonjol dengan catatan dwiganda 10 poin dan 12 rebound.

Yesaya Daudale mencetak 11 poin, sedangkan Muhammad Arighi, Yudha Saputera dan Al Bagir Alhadar masing-masing menyumbangkan 10 poin.

Baca juga: Satria Muda paksa Patriots telan kekalahan perdana

Di kubu Bali United, Tri Hartanto jadi pendulang angka terbanyak lewat 15 poin, diikuti Yerikho Tuasela 14 poin dan Yosua 14 poin.

Sempat memimpin jauh 29-23 di akhir kuarter pertama, Patriots harus kehilangan keunggulan itu di kuarter kedua.

Yosua dan Joseph Desemet sama-sama mencetak sembilan poin untuk menyokong kebangkitan Bali United di kuarter tersebut.

Dua lemparan bebas Tri Hartanto bahkan mampu membawa Bali United memegang keunggulan meyakinkan 48-40 atas Patriots, namun jump shot Kelvin Sanjaya dan dua tripoin Yesaya Daudale menutup paruh pertama dalam kedudukan imbang 48-48.

Kejar mengejar poin terjadi di awal kuarter ketiga hingga layup dari Yesaya sempat membawa Patriots menjauh 61-56 pada sisa waktu tiga menit 21 detik.

Sesudah itu Tri mengemas enam poin beruntun demi membuat Bali United berbalik unggul 62-61 pada sisa waktu 56 detik, tetapi pemain naturalisasi muda asal Senegal Serigne Modou Kane menutup kuarter ketiga dengan membawa Patriots memimpin 63-62.

Baca juga: Ringkasan IBL hari ini: berakhir sudah rekor sempurna Patriots
Baca juga: Seluruh peserta IBL 2021 terima vaksin COVID-19


Pertandingan kuarter keempat memperlihatkan ketimpangan akurasi tembakan yang begitu jauh antara kedua tim, Patriots melesakkan sembilan dari 14 tembakan terbuka mereka sedangkan Bali United hanya lima dari 18.

Dalam separuh waktu kuarter keempat Patriots menjauhkan diri dari Bali United dalam kedudukan 77-71 saat Aldy Izzatur Rachman melesakkan tembakan dua angka.

Marjin itu lebih banyak naik ketimbang turunnya, di tengah rendahnya akurasi tembakan Bali United, dan tembakan tripoin Yudha Saputera di pengujung laga mengunci kemenangan Patriots 89-77.

Kedua tim dijadwalkan kembali melantai pada Senin (22/3) besok saat Patriots menghadapi Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja dan Bali United melakoni duel tim debutan melawan West Bandits Solo.

Baca juga: Ringkasan IBL hari ini: Satria Muda tumbang diterkam Louvre
Baca juga: IBL laporkan satu temuan baru kasus positif COVID-19

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021