Jakarta (ANTARA) - Dua gim mencapai raihan tiga digit poin dalam rangkaian lanjutan Seri II Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 yang berlangsung sepanjang hari Minggu di gelembung Robinson Resort, Bogor.

Setelah Indonesia Patriots kembali ke jalur kemenangan dengan menundukkan Bali United Basketball 89-77 di gim pembuka, IBL menyajikan laga-laga ketat nan menghibur sepanjang hari.

Gim kedua yang mempertemukan dua musuh bebuyutan Satya Wacana Saints Salatiga melawan Amartha Hangtuah Jakarta, harus melewati tiga kali babak overtime untuk menentukan pemenang.

Selepas imbang 68-68 di waktu normal, kedudukan kembali berimbang 81-81 pada overtime pertama.

Baca juga: Patriots kuasai kuarter keempat saat bekuk Bali United 89-77

Overtime kedua pendulum momentum tampak mengayun ke arah Hangtuah yang sempat memimpin 11 poin jauhnya pada sisa waktu 97-86, tetapi dua pelanggaran Abraham Wenas membuyarkan momentum itu memberi kesempatan Satya Wacana bangkit.

Selepas three-point play David Nuban yang membuat kedudukan 97-97 Satya Wacana punya kesempatan emas mengunci kemenangan ketika mendapat hadiah tiga lemparan bebas hasil technical foul dan personal foul Oki Wira Sanjaya terhadap Nuban.

Namun, tiga lemparan bebas itu dibuang sia-sia oleh Eyakim Tampa'i dan Nuban sehingga overtime ketiga harus dimainkan.

Akurasi tembakan Hangtuah terjun bebas di overtime ketiga, di mana mereka cuma mencetak dua poin sedangkan Satya Wacana melesakkan tujuh poin untuk mengunci kemenangan 104-99 dari laga itu.

Gim itu menjadi pertandingan pertama musim ini yang harus ditentukan lewat overtime, sekaligus membuat Satya Wacana jadi tim pertama yang melampaui tiga digit poin.

Baca juga: Arighi akui masih ada kendala bahasa dengan duo Diagne-Kane

Di gim ketiga, West Bandits Solo berhasil menyudahi rentetan kekalahan mereka dengan menundukkan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja 86-71.

Patrick Nicholas jadi penampil terbaik dalam kemenangan West Bandits lewat raihan dwiganda 19 poin dan 10 rebound.

Gim penutup hari Minggu memperihatkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta terus melanjutkan musim sempurna mereka dengan empat kemenangan dalam empat laga setelah membungkam NSH Mountain Gold Timika 100-73.

Empat pemain dari jajaran pancamula Pelita membukukan raihan dua digit poin dalam kemenangan itu, dipimpin Muhammad Hardian Wicaksono yang memborong 22 poin, diikuti 19 poin Reggie William Mononimbar, 16 poin Andakara Praswata Dhyaksa dan 14 poin Agassi Goantara.

Baca juga: Ringkasan IBL hari ini: Satria Muda tumbang diterkam Louvre

Berikut hasil lanjutan Seri II IBL 2021 yang berlangsung Minggu:

Indonesia Patriots 89 - Bali United Basketball 77
Satya Wacana Saints Salatiga 104 vs Amartha Hangtuah Jakarta 99 (OT)
West Bandits Solo 86 vs Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja 71
Pelita Jaya Bakrie Jakarta 100 - NSH Mountain Gold Timika 73

Klasemen sementara IBL

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021