Jakarta (ANTARA) - Ada tiga produk perawatan kulit mendasar yang harus dimiliki untuk menjaga kesehatan wajah sehari-hari, yakni pembersih wajah, pelembap wajah serta tabir surya.

Sebelum membeli produk lain seperti serum dan masker, pastikan ketiga produk ini sudah dimiliki oleh Anda.

Tahap pertama dari perawatan kulit mendasar, seperti dijelaskan dokter spesialis kulit Arini Astasari Widodo, adalah membersihkan wajah dari kotoran, debu hingga radikal bebas yang menempel kepada kulit.

"Kotoran tersebut berpotensi menimbulkan masalah pada wajah, baik jerawat, penuaan maupun kusam," kata Arini dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Solusi untuk menghilangkan kilau minyak pada wajah

Baca juga: Kolaborasi produk perawatan dan air mineral untuk hidrasi kulit


Oleh karenanya, penting memastikan bahwa wajah selalu dibersihkan. Ada beberapa produk pembersih wajah yang menambahkan beberapa agen yang bisa membantu masalah kulit. Arini mengatakan, penting untuk membersihkan kulit dari polutan dan radikal bebas untuk Anda yang punya keluhan kulit kusam, pigmentasi dan penuaan.

"Setelah kulit wajah benar-benar bersih, barulah kita dapat memakai skincare yang lain," lanjutnya.

Pelembap adalah perawatan wajah yang penting untuk menjaga lapisan kulit agar tetap sehat. Gunakanlah pelembap langsung setelah mencuci wajah ketika kulit masih dalam keadaan lembap.

Selanjutnya adalah tabir surya. Pakailah tabir surya dengan SPF minimal 30 dan broad spectrum, yakni melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Ulanglah pemakaian tabir surya setiap tiga jam dan gunakan dalam jumlah yang cukup. Pakailah tabir surya setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah. Pemakaian tabir surya akan mencegah kulit terlihat kusam dan belang.

Selain itu, gaya hidup sehat seperti pola makan yang sehat, konsumsi air putih cukup, tidur yang cukup, manajemen stres baik juga mesti diterapkan agar kulit Anda tidak kusam.

Baca juga: Di rumah saja, masih harus cuci muka secara teratur?

Baca juga: Khasiat air mawar, anti inflamasi hingga menyegarkan wajah

Baca juga: Skincare berbahan dari laut ini bisa melawan penuaan dini

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021