Saya tadi sudah minum, dan alhamdulillah sejauh ini tidak ada apa-apa.
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kualitas air hasil pengolahan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mookervart yang dibangun Badan Usaha Milik DKI Jakarta, PT PAM JAYA (Perseroda) di area Rumah Susun (Rusun) Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (22/3).

"Tadi saya sudah mencoba juga, menyaksikan dari dekat instalasi pengolahan air minum yang disediakan, termasuk  meminum air hasil pengolahan," kata Anies.

Baca juga: Petugas sigap sedot air banjir ke Kali Mookevart diapresiasi Anies

Anies mengatakan saat mencoba air hasil pengolahan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang mengambil sumber airnya dari waduk buatan di area Rusun Pesakih serta air dari Kali Mookervart, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat tersebut, ia merasa kondisinya airnya layak minum.

"InsyaAllah airnya bukan hanya bersih, tapi airnya layak minum. Saya tadi sudah minum, dan alhamdulillah sejauh ini tidak ada apa-apa. InsyaAllah nanti malam, sampai besok juga tidak ada apa-apa," kata Anies.

Baca juga: PUPR percepat lelang investasi SPAM Djuanda bagi air bersih Jakarta

Anies mengatakan rasa air tersebut yang tawar, tidak berbau, dan segar, telah menggambarkan betapa teknologi dapat memudahkan hajat hidup manusia jika digunakan secara tepat.

Dia berharap kebutuhan warga penghuni Rusun Pesakih di Daan Mogot, Jakarta Barat bisa terpenuhi dengan adanya IPA tersebut sesuai persyaratan air minum pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 tahun 2010.

"Di sini kebutuhan (air) masyarakat Rusun Pesakih, Daan Mogot ini insyaAllah bisa terpenuhi dengan adanya instalasi ini," kata Anies.

Baca juga: Pasokan air bersih terganggu akibat pipa Palyja bocor di Meruya
​​​​​​​
Tentu, kata Anies, IPA komunal seperti di kawasan Rusun Pesakih tersebut tidak hanya didirikan di satu tempat, tapi juga di banyak tempat di DKI Jakarta.

Sehingga lebih banyak warga DKI Jakarta yang memiliki akses terhadap air bersih yang lengkap, kapan pun, dimana pun, bisa mendapatkan air minum dengan baik.

Anies datang ke lokasi IPA Mookervart sekitar pukul 16.00 WIB didampingi oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal dan Wali Kota Jakarta Barat Uus Kusmanto.

Kedatangan Gubernur DKI Jakarta itu disambut oleh Direktur Utama PT Perusahaan Air Minum Jakarta Raya (PAM JAYA) Priyatno Bambang Hernowo.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021