Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga Senin 22 Maret sebanyak 4.891 orang

"Menurut data terbaru per tanggal 22 Maret 2021, pasien yang telah sembuh hingga saat ini mencapai 4.891 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin.

Dia menambahkan bahwa menurut data terbaru jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sebanyak 5.202 orang. Dari 5.202 tersebut 4.891 di antaranya telah dinyatakan sembuh, 224 meninggal dunia, 63 orang melakukan isolasi mandiri dan 24 orang lainnya masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Baca juga: Pasien RSD Wisma Atlet sembuh COVID-19 capai 72.000 orang

Dia menambahkan pihaknya terus melakukan pendataan guna mendapat gambaran mengenai perkembangan penanganan COVID-19 di wilayah setempat.
"Pendataan terus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan sebagai bagian dari upaya pengendalian COVID-19," katanya.

Upaya pengendalian COVID-19, kata dia, terus dilakukan sambil menjalankan program vaksinasi yang berlangsung dengan lancar hingga saat ini.

"Hanya saja kami ingin mengingatkan bahwa meskipun program vaksinasi saat ini sudah mulai berjalan namun protokol kesehatan masih harus diperkuat, tidak boleh kendur," katanya.

Dia juga kembali mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya 3T yaitu pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan pengobatan (treatment) secara berkesinambungan.

"Upaya 3T hingga hari ini masih terus dilakukan secara intensif sambil terus menjalankan program vaksinasi COVID-19 sesuai jadwal yang ditentukan," katanya.

Kendati demikian dia kembali mengingatkan bahwa penerapan program 3T masih perlu didukung dengan penerapan 3M di tengah masyarakat yaitu dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

Baca juga: Kasus sembuh dari COVID-19 di Kaltim bertambah 412 orang

Untuk itu Pemkab Purbalingga kembali mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk ikut berperan aktif dalam program percepatan penanganan COVID-19.

Hal itu, kata dia, juga sejalan dengan salah satu program prioritas Pemkab Purbalingga pada tahun 2021 ini yakni penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Untuk menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, tambah dia, pihaknya juga masih terus melakukan operasi tertib masker di seluruh kecamatan.

"Kami terus berupaya menjaga kedisiplinan masyarakat dan senantiasa mengajak masyarakat untuk tetap memperkuat protokol kesehatan, karena pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini," katanya.
***3***
T.W004

Baca juga: Minggu, pasien sembuh COVID-19 Jakarta bertambah 1.879 orang

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021