Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto mengatakan vaksinasi COVID-19 belum menjadi syarat wajib bagi atlet untuk berlaga dalam sebuah kompetisi olahraga nasional.

Dalam webinar Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Jakarta, Senin, Gatot mengatakan pihaknya tidak bisa mewajibkan vaksinasi sebagai syarat sebab wewenang tersebut tidak dalam kendali Kemenpora, melainkan sepenuhnya berada di tangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sejauh ini, untuk legalitas (vaksinasi COVID-19) kami mengikuti satu induk muara, yaitu Kemenkes. Apa pun keputusan Menkes kami mengikuti dan kami tidak mau membuat peraturan baru kalau vaksin harus jadi syarat untuk ikut kompetisi nasional,” kata Gatot.

Gatot menuturkan terlepas dari apakah atlet sudah menjalani vaksinasi atau belum, setiap cabang olahraga dipersilakan untuk kembali menyelenggarakan kompetisi selama dapat menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Baca juga: 40 cabang olahraga terima vaksin COVID-19 tahap pertama 
Baca juga: Wapres: Vaksinasi atlet diprioritaskan bagi yang segera berkompetisi 


Namun, sebelumnya penyelenggara harus memenuhi persyaratan dalam menggulirkan sebuah kompetisi olahraga nasional di tengah pandemi COVID-19. Syaratnya sama seperti yang telah diberlakukan kepada operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL), PP Perbasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI.

Induk cabang olahraga dan panitia harus menyampaikan rencana penyelenggaraan kompetisi mereka serta penerapan protokol kesehatan kepada Kemenpora, Kepolisian RI, Satgas COVID-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hingga saat ini, hanya ada dua kompetisi nasional yang mendapat lampu hijau untuk kembali bergulir, yakni IBL 2021 dan Piala Menpora 2021.

Kemenpora bersama Kemenkes pun sudah melakukan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh atlet dan peserta yang terlibat, termasuk panitia, ofisial dan perangkat pertandingan lainnya.

Namun meski sudah mendapat vaksinasi COVID-19, Kemenpora mewajibkan penyelenggara dan seluruh peserta untuk tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku. 

Baca juga: Kemenpora fasilitasi vaksin tahap kedua bagi atlet di RSON Cibubur 
Baca juga: Jawa Barat siapkan 2.000 dosis vaksin COVID-19 untuk atlet 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021