Kontainer bak sampah ini merupakan salah satu infrastruktur kebersihan
Padang (ANTARA) - Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan Masjid Raya Sumatera Barat, BUMN PT Semen Padang memberikan bantuan satu unit kontainer bak sampah untuk digunakan di masjid tersebut.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri kepada Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis di Padang, Senin.

Dalam kesempatan itu Oktoweri menyampaikan pemberian kontainer sebagai wujud kepedulian PT Semen Padang terhadap kebersihan Masjid Raya Sumbar yang merupakan salah satu destinasi religi di Kota Padang.

"Apalagi kondisi pandemi COVID-19 saat ini, juga telah membawa perubahan kepada kebersihan, di samping menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap pengurus Masjid Raya Sumbar untuk dapat memanfaatkan bantuan kontainer bak sampah sebaik mungkin dalam menjaga lingkungan masjid semakin bersih dan asri, sehingga para pengunjung , termasuk pelancong dari berbagai daerah yang datang ke Padang, semakin nyaman melihat keindahan masjid kebanggaan masyarakat Sumbar ini.

"Nilai kontainer bak sampah ini memang tidak seberapa. Tapi kami di Semen Padang, peduli terhadap kebersihan lingkungan masjid ini. Apalagi, kebersihan adalah budaya. Kontainer bak sampah ini merupakan salah satu infrastruktur kebersihan," katanya.

Sementara Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis mengatakan kekhusyukan saat beribadah tergantung pada kebersihan tempat ibadahnya.

Bantuan kontainer ini bermanfaat dalam mewujudkan lokasi atau lingkungan masjid menjadi bersih, untuk itu, atas nama Pengurus Masjid Raya Sumbar ia menyampaikan terima kasih kepada Semen Padang yang telah memberikan bantuan kontainer bak sampah.

Sejalan dengan itu Asisten III Pemprov Sumbar Nasir Ahmad menambahkan di Masjid Raya Sumbar, ketersediaan kontainer bak sampah memang terbatas, dan ia mewakili Pemprov Sumbar, juga mengucapkan terima kasih kepada Semen Padang atas bantuan yang diberikan.

"Ini kontainer bak sampah pertama yang dimiliki Masjid Raya Sumbar. Untuk pemanfaatannya, kami akan segera atur jadwal antar jemput kontainer bak sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah , supaya tidak lagi menumpuk, sehingga lingkungan masjid selalu bersih dari sampah," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Siti Aisyah mengatakan kontainer bak sampah dari Semen Padang yang diletakkan di sisi selatan Masjid Raya Sumbar ini juga dapat dimanfaatkan oleh petugas pemungut sampah sebagai fasilitas pembelajaran pengolahan sampah menjadi kompos.

"Kontainer bak sampah ini ke depan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bukan hanya untuk menampung sampah dari tong sampah yang ada di sekitar masjid, tapi juga sebagai tempat pengolahan sampah, seperti pemilahan sampah yang akan dijadikan sebagai kompos, supaya bernilai ekonomis ," katanya.

Baca juga: PLTA Semen Padang terangi fasilitas umum di sekitar perusahaan

Baca juga: Semen Padang bangun replika Danau Singkarak lestarikan ikan bilih

Baca juga: Putri tukang ojek yang kuliah di ITB dapat beasiswa Semen Padang


 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021