Piala Menpora 2021

PSM Makassar bungkam Persija Jakarta 2-0

PSM Makassar bungkam Persija Jakarta  2-0

Pesepakbola PSM Makassar, Yakob Sayuri melakukan selebrasi usai mencetak gol di gawang Persija Jakarta dalam pertandingan babak penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). PSM Makassar mengungguli Persija Jakarta dengan skor akhir 2-0. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PSM Makassar membungkam Persija Jakarta dengan skor akhir 2-0 pada pertandingan Grup B turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin.

Sejak awal pertandingan, permainan berjalan cukup cepat. Kedua tim saling menekan dan memunculkan beberapa peluang terciptanya gol. Namun, belum ada peluang yang mampu dijadikan keunggulan Persija, maupun PSM Makassar.

Pada menit ke-24, kapten PSM Makassar Zulkifli Syukur mendapatkan kartu kuning karena melakukan pelanggaran cukup keras kepada pemain Persija Jakarta. Kedua tim tetap bermain terbuka dengan jual-beli serangan.

Tensi permainan pada babak pertama antara Persija Jakarta dengan PSM Makassar berlangsung cukup tinggi. Beberapa kali terjadi perebutan bola yang cukup keras dan menyebabkan para pemain terjatuh di lapangan. 

Baca juga: Bhayangkara Solo FC akan evaluasi permainan untuk hadapi PSM Makassar 

Memasuki menit injury time, berawal dari umpan lambung sayap kanan PSM Makassar dari Yacob Sayuri, kemudian berhasil dikendalikan dengan baik oleh Patrich Steve Wanggai dengan memutar badan, dan mampu melesakkan bola ke tiang jauh gawang yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa. PSM Makassar unggul 1-0 atas Persija Jakarta.

Memasuki babak kedua, kedua tim langsung memulai dengan tempo tinggi. Baik PSM Makassar dan Persija Jakarta saling menekan dan mencari peluang untuk mencetak gol.

Persija Jakarta mendapatkan peluang emas yang bermula dari tendangan bebas tepat di luar kotak penalti. Tendangan bebas itu disambut sundulan Marco Motta. Namun, sundulannya masih di atas mistar gawang dan kedudukan belum berubah hingga menit ke-50.

Menit ke-59, pemain Persija Jakarta Braif Fatari melakukan pelanggaran cukup keras terhadap pemain PSM Makassar, Zulkifli Syukur, dan harus mendapatkan kartu kuning atas pelanggaran tersebut. Permainan kembali dilanjutkan dengan tempo tinggi.

Persija Jakarta terus berupaya untuk menyamakan kedudukan, namun hingga menit ke-65, Macan Kemayoran masih belum bisa menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-66, penjaga gawang PSM Makassar harus menerima kartu kuning akibat mengulur waktu. Namun tak lama berselang, penyerang PSM Makassar Yakob Sayuri berhasil mencuri bola dari pemain belakang Persija Jakarta Yann Motta Pinto dan mampu mencetak gol untuk menambah keunggulan PSM Makassar. PSM Makassar unggul 2-0 pada menit ke-67.

Meskipun sudah unggul dua gol, PSM Makassar tidak mengendorkan serangan. Persija Jakarta yang berusaha mengejar ketertinggalan, harus bermain ekstra keras untuk mengimbangi permainan PSM Makassar. Hingga menit ke-75, kedudukan belum berubah, PSM Makassar masih unggul 2-0 atas Persija Jakarta.

Menit ke-80, PSM Makassar kembali mendapatkan peluang, namun belum mampu dijadikan gol dan menambah keunggulan tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur itu.

Baca juga: PSM tak ingin main asal-asalan di Piala Menpora 

Memasuki injury time, Persija Jakarta terus menekan pertahanan PSM Makassar. Sempat terjadi beberapa peluang emas, namun peluang-peluang itu belum bisa dijadikan gol oleh para pemain Persija Jakarta. Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Rully Ruslin Tambuntina, kedudukan tidak berubah, 2-0 untuk kemenangan PSM Makassar.

Susunan pemain:

Persija Jakarta - Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hehanussa, Marco Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Yann Motta Pinto, Marc Anthony Klok, Osvaldo Ardiles Haay, Riko Simanjuntak, Rizki Ramdani Lestaluhu, dan Marko Simic.

Pelatih: Sudirman

PSM Makassar - Hilman Syah, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Arfan, Rizky Eka Pratama, Rasyid Assahid Bakri, Sutanto, Patrich Steve Wanggai, dan Yakob Sayuri.

Pelatih: Syamauddin Batolla 

Baca juga: PSS beri kesempatan pemain muda di Piala Menpora 
Baca juga: Evaluasi laga perdana, PSIS maksimalkan pergantian pemain 
Baca juga: Bhayangkara Solo FC tumbangkan Borneo FC 1-0 

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora minta polisi tindak suporter Persija & Persib yang langgar aturan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar