Virus belum ditaklukkan. Dalam jangkauan kami untuk menghindari lonjakan baru dan gelombang keempat
Madrid (ANTARA) - Spanyol akan memperluas rentang usia penerima vaksin COVID-19 AstraZeneca dari 18-55 tahun menjadi 18-65 tahun saat otoritas kembali menggunakan vaksin tersebut pekan ini, menurut Menteri Kesehatan Carolina Darias usai rapat kepala dinas kesehatan daerah, Senin (22/3).

Darias mengatakan otoritas pada akhirnya akan memperluas batas usia di atas 65 tahun jika didukung oleh panel kesehatan nasional dan tersedia pasokan vaksin yang cukup, setelah uji klinis tahap akhir utama di Chile, Peru dan Amerika Serikat menemukan bahwa vaksin AstraZeneca 79 persen ampuh dalam mencegah gejala COVID-19.

Otoritas pekan lau mengatakan bahwa Spanyol akan menggunakan lagi vaksin AstraZeneca mulai Rabu ini setelah negara tersebut dan juga sejumlah negara lainnya di Eropa menghentikan suntikan AstraZeneca lantaran kekhawatiran kasus pembekuan darah.

Sekitar 20 persen relawan dalam uji klinis terbaru tersebut, yang hasilnya dipublikasi pada Senin, berusia 65 tahun ke atas, dibanding dengan 5,7 persen dalam riset sebelumnya, yang membuat sejumlah negara Eropa ragu-ragu menggunakan vaksin COVID-19 AstraZeneca untuk kaum lansia.

Spanyol termasuk yang mengalami pandemi terparah di dunia dengan 3,2 juta kasus dan 73.000 lebih kematian COVID-19.

Tingkat insiden COVID-19 masih stabil pada Senin dengan rata-rata 128 infeksi per 100.000 orang dalam 14 hari terakhir. Namun, pejabat Kementerian Kesehatan memperingatkan adanya perubahan tren baru-baru ini yang berpotensi meningkatkan jumlah infeksi.

"Virus belum ditaklukkan. Dalam jangkauan kami untuk menghindari lonjakan baru dan gelombang keempat," kata Darias saat jumpa pers.

Sumber: Reuters

Baca juga: Spanyol akan gunakan lagi vaksin COVID-19 AstraZeneca Rabu depan
Baca juga: Insiden COVID-19 Spanyol turun di bawah level 'risiko ekstrem'
Baca juga: Presiden Real Madrid Florentino Perez pulih dari COVID-19

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021