Kerja sama di bidang digital ekonomi, digital broadcasting
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kasanumi Kenji untuk membahas kerja sama di teknologi informasi dan komunikasi.

"Kami banyak berdiskusi terkait dengan kerja sama Indonesia dan Jepang di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," kata Johnny dalam keterangan pers, Selasa.

Pertemuan yang berlangsung siang ini menekankan pada pemanfaatan pembangunan infrastuktur telekomunikasi dan ruang digital.

Baca juga: Kominfo: Startup berkontribusi terhadap ekonomi digital

Baca juga: Menkominfo ajak masyarakat tidak termakan hoaks soal vaksinasi


"Termasuk di dalamnya kerja sama di bidang digital ekonomi, digital broadcasting dan berbagai program-program lainnya," kata Johnny.

Pemerintah dalam pertemuan tersebut juga menegaskan komitmen mereka untuk terus membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia dan menjaga ruang digital yang sehat dan bermanfaat.

Sementar Duta Besar Jepang Kasanumi Kenji, tentang pertemuan hari ini, menyatakan apresiasi terhadap pembahasan kerja sama kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail.

Pertemuan dengan perwakilan negara tetangga merupakan agenda rutin Menteri Kominfo.

Kunjungan kehormatan beberapa Duta Besar untuk Indonesia antara lain Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan, pada 19 November 2019, Duta Besar Kolombia Juan Camilo Valencia Gonzales 13 Januari 2020, Duta Besar Inggris H.E. Owen Jenkins 16 Januari 2020.

Kemudian, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Negara Qatar untuk Republik Indonesia, Yang Mulia Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti pada 15 Juli 2020.

Sedangkan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard melakukan tiga kali kunjungan kehormatan yakni pada tanggal 17 Juli 2020, 16 Desember 2020 dan 25 Februari 2021, Dubes Jepang Kasanumi Kenji, serta kunjungan kehormatan Duta Besar dan pejabat negara sahabat lainnya.

Baca juga: Kominfo minta platform pesan instan tutup akun pelaku prostitusi

Baca juga: Menkominfo: Jangan obral sertifikat vaksinasi

Baca juga: Konektivitas digital diyakini permudah akses dan inovasi

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021