banyak PKL yang sering membuang sampah sembarang
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Jalan raya di Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadi langganan banjir ketika hujan deras, padahal kawasan itu pada akhir 2020 baru ditata dengan pembangunan pedestrian senilai Rp24 miliar.

Pantauan wartawan di lokasi, Selasa, jalan bernama Kolonel Edioso Martadipura itu banjir sebetis orang dewasa saat diguyur hujan deras sekitar pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Banjir serupa terjadi di jalan penghubung Komplek Pemerintahan Kabupaten Bogor dengan Stadion Pakansari itu juga pernah terjadi pada Minggu petang, 28 Februari 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Soebiantoro menyebutkan bahwa banjir di Jalan Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat disebabkan karena sampah yang dibuang pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu.

"Ada sampah daun, plastik, di situ banyak PKL yang sering membuang sampah sembarang," ungkapnya pria yang karib disapa Bibin itu.

Ia menepis dugaan adanya penyumbatan saluran air di Jalan Kolonel Edioso Martadipura akibat pekerjaan pedestrian di sepanjang jalan tersebut yang baru rampung awal 2021.

"Jadi banjir itu, akibat tersumbatnya drainase disebabkan tumpukan sampah dan semua rata-rata titik tersumbat," terang pria yang akrab disapa Bibin itu.

Sekedar informasi, pekerjaan pelebaran jalur pejalan kaki sepanjang 832 meter itu dikerjakan oleh PT Vanca Utama Perkasa dengan rentang waktu 110 hari kalender senilai Rp23,8 miliar.

Baca juga: Siaga banjir, Bupati Bogor minta warga waspadai tujuh aliran sungai
Baca juga: BIG: Tata permukiman Kabupaten Bogor antisipasi potensi bencana

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021