Telkom gandeng Huawei perkuat komitmen pemberdayaan talenta digital

Telkom gandeng Huawei perkuat komitmen pemberdayaan talenta digital

Penandatangan MoU kerjasama antara PT Telkom Indonesia dan Huawei Indonesia secara virtual untuk pengembangan talenta digital khususnya di BUMN, Selasa (23/3/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Huawei.

Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) menggandeng Huawei ASEAN (Indonesia) untuk berkomitmen dalam pemberdayaan talenta digital dan juga dalam Initiative Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual antara kedua belah pihak di Jakarta. 

Melalui kerja sama ini, ITDRI dan Huawei ASEAN Academy Indonesia akan melaksanakan program pembelajaran bersama dalam pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran di bidang teknologi digital.

“Perlu penguatan riset tentang pengembangan talenta digital dan inovasi melalui ITDRI, bekerjasama dengan Huawei merupakan salah satu langkah dan strategi ITDRI untuk memperkuat riset, talenta, dan inovasi serta menyukseskan visi Indonesia Maju dengan mengoptimalkan segenap sumber daya yang dimiliki satu sama lain,” kata C hief Human Capital Officer (CHCO) TelkomGroup Afriwandi dalam keterangannya,Selasa.

Baca juga: Jay Chen: Transformasi Huawei untuk Indonesia maju

Baca juga: Huawei umumkan tablet MatePad terbaru


Selain mengembangkan talenta digital, dua pusat pelatihan itu akan menyiapkan inisiatif inovasi yang kolaboratif sehingga keduanya memiliki peran yang signifikan pengembangan dan pengoperasian produk ekosistem yang saat ini sedang dibangun oleh ITDRI untuk turut memajukan BUMN Indonesia.

Afriwandi mengharapkan kolaborasi itu bisa berjalan dengan lancar dan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang sehingga dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, ITDRI kini tengah menyiapkan landasan kerjasama lanjutan antara Huawei Indonesia dan Telkom setelah ditunjuk langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Program itu nantinya akan memberikan pemberdayaan kepada 12 klaster di seluruh BUMN.

“Kami yakin kolaborasi ini akan bermanfaat dalam perspektif bisnis untuk keduabelah pihak, Huawei Indonesia dan Telkom. Hal tersebut juga akan menjadi pondasi yang sangat kuat bagi BUMN dan bangsa pada umumnya, untuk mempersiapkan kapabilitas yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan di era disrupsi digital yang kini sedang dihadapi oleh berbagai sektor industri. Terima kasih kepada Huawei Indonesia yang telah berpartisipasi dalam kerjasama inisiatif ITDRI,” kata Chairman of ITDRI dan SGM Telkom Corporate University Center Jemy Vestius Confido.

Sementara itu Huawei sangat menantikan kerjasama dengan Telkom dan ITDRI karena hal itu sejalan dengan komitmen perusahaan asal China itu untuk mengembangkan kompetensi talenta digital Indonesia.

“Kami berharap terus dapat bekerjasama untuk waktu jangka panjang di masa depan, agar dapat saling memberikan kontribusi terbaik satu sama lain, dan juga sejalan dengan komitmen Huawei untuk mengembangkan kompetensi 100.000 talenta digital di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun. Kemitraan ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya menjawab kebutuhan sumber daya manusia minimal sebanyak 9 juta talenta digital pada tahun 2025 untuk mewujudkan misi Indonesia 4.0,” kata Direktur Huawei Indonesia dan Dekan Huawei ASEAN (Indonesia) Academy Engineering Institute Yang Donghai.

Baca juga: Huawei buka ASEAN Academy Engineering Institute di Indonesia

Baca juga: Huawei gandeng Telkomsel siapkan SDM penggerak transformasi digital

Baca juga: Kominfo: Pentingnya pilar-pilar untuk capai transformasi digital


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar