Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan C0VID-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan tiga kabupaten di wilayah itu yakni Lingga, Natuna dan Kepulauan Anambas bertahan nihil kasus COVID-19 sejak sekitar tiga pekan.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan Lingga dan Kepulauan Anambas sejak awal Maret 2021 sudah nihil kasus aktif COVID-19. Sedangkan Natuna mulai pertengahan bulan ini nol kasus COVID-19.

Selain ketiga daerah, Karimun juga sempat nol kasus COVID-19, namun hanya bertahan dua hari. Saat ini di Karimun tinggal satu kasus aktif COVID-19.

"Satgas menetapkan Natuna, Lingga Anambas dan Karimun sebagai daerah yang aman dari penularan COVID-19," ucapnya, yang juga Sekda Kepri.

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 di Tanjungpinang meningkat 20 kasus

Baca juga: Kasus menurun, Dinkes ingatkan Kepri belum bebas dari COVID-19


Arif menjelaskan total jumlah pasien COVID-19 di Kepri sejak pandemi mencapai 9.006 orang, sebanyak 8.600 orang dinyatakan sembuh, sementara 227 orang meninggal dunia.

Jumlah kasus aktif di Kepri tinggal 179 orang, yang tersebar di Batam 98 orang, Tanjungpinang 66 orang, Bintan 14 orang dan Karimun satu orang.

Satgas Penanganan COVID-19 menetapkan Batam, Tanjungpinang dan Bintan sebagai Zona Kuning atau resiko penularan rendah.

"Hari ini ada penambahan kasus baru di
Batam enam orang, Tanjungpinang dua orang dan Bintan enam orang," ujarnya.

Arif mengimbau masyarakat untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Mari kita dukung sepenuhnya program vaksinasi untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.*

Baca juga: Empat kabupaten di Kepri nol kasus COVID-19

Baca juga: Naik lagi, kasus aktif COVID-19 di Tanjungpinang-Kepri jadi 1.470

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021