Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah itu untuk terus berinovasi dan berkreasi di tengah pandemi COVID-19.

"Kami mengajak pelaku UMKM untuk terus bersemangat dan terus berinovasi guna mendorong perekonomian lokal di wilayah Banjarnegara," katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa.

Dia mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk memfasilitasi pemasaran produk UMKM lokal.

"Tujuannya guna membantu para pelaku UMKM lokal agar tetap dapat memaksimalkan produksinya, terutama bagi mereka yang terdampak pandemi COVID-19," katanya.

Dengan adanya dukungan dan dorongan dari Pemkab Banjarnegara maka UMKM lokal di wilayah setempat akan makin sukses dan mampu meningkatkan produktivitas.

Dia menambahkan di Banjarnegara banyak sekali potensi lokal yang bisa digali dan dikembangkan oleh para pelaku UMKM.

Contohnya adalah produk pertanian dan perkebunan yang melimpah di Banjarnegara yang bisa diolah menjadi produk unggulan.

Ada beberapa UMKM yang memanfaatkan ketela pohon dengan memproduksi tepung yang berdaya jual tinggi.

"Bahkan produknya bisa sampai ke Jerman, Korea, Spanyol dan masih banyak lagi, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan," katanya.

Kreatifitas dan inovasi serta akses yang memadai sangat diperlukan oleh UMKM dalam rangka menghasilkan produk yang berdaya saing.

"Pemkab Banjarnegara berupaya mendorong dan memfasilitasi, kami juga mendorong dan memberikan semangat kepada para pelaku UMKM untuk tetap optimis, terus berkarya, berproduksi dan berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

"Mari berkarya dan berkreasi, manfaatkan peluang yang ada, UMKM di Banjarnegara pasti bisa segera bangkit dari dampak pandemi COVID-19," katanya.

Ia mengajak para pelaku UMKM di wilayah ini untuk memanfaatkan media sosial dan juga media konvensional untuk melakukan promosi.

"Manfaatkan perkembangan media sosial untuk menggencarkan promosi produk yang dihasilkan," katanya.
Baca juga: Menguntungkan, Bupati Banjarnegara ajak petani kembangkan mina padi
 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021