26 Maret Jasa Marga uji coba contra flow tol dalam kota, mulai Halim

26 Maret Jasa Marga uji coba contra flow tol dalam kota, mulai Halim

Uji coba relokasi akses masuk rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow di Jalan Tol Dalam Kota. ANTARA/Dok-Jasa Marga/am.

Akses masuk contra flow yang sedianya dimulai pada KM 01+700 direlokasi menjadi di mulai dari KM 00+200 (Halim) sampai dengan KM 08+100 (Senayan) pada pukul 06.00 sampai dengan10.00 WIB
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola ruas tol dalam Kkta bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai service provider operasional jalan tol akan melakukan uji coba relokasi akses masuk rekayasa lalu lintas lawan arah atau contra flow di jalan tol dalam kota.

General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Nasrullah mengatakan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di ruas tol dalam kota (Cawang – Tomang – Pluit) arah Tomang, khususnya pada pagi hari (peak hours), JMT dan JMTO berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Induk 1 Satuan Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya akan melanjutkan uji coba relokasi akses masuk contra flow tol dalam kota.

"Akses masuk contra flow yang sedianya dimulai pada KM 01+700 direlokasi menjadi di mulai dari KM 00+200 (Halim) sampai dengan KM 08+100 (Senayan) pada pukul 06.00 sampai dengan10.00 WIB," ujar Nasrullah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sistem lawan arus Grogol-Slipi kurangi kemacetan 40 persen

Uji coba pertama telah dilakukan pada 16 Maret 2021 dan telah dilakukan evaluasi. Selanjutnya, uji coba akan dilanjutkan kembali hingga 26 Maret 2021 guna mendapatkan data dan informasi yang lebih valid terkait kebiasaan dan pola perjalanan pengguna jalan tol.

Uji coba ini bertujuan untuk menghilangkan crossing lalu lintas yang dari arah Halim dengan lalu lintas yang datang dari arah Jagorawi, serta mengurangi beban pertemuan lalu lintas di sekitar Simpang Susun Cawang.

Selain itu uji coba ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan tempuh kendaraan dan mengurangi antrean lalu lintas yang terjadi dari arah Halim dan Jagorawi hingga akhirnya lalu lintas lancar.

Selama kegiatan uji coba berlangsung JMT bersama JMTO  menyiapkan rambu-rambu lalulintas, serta menyiagakan petugas pengaturan dan pengamanan lalu lintas.

Baca juga: Jasa Marga: Tol Dalam Kota dan Jagorawi kembali beroperasi normal



 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tol Binjai-Medan-Tebing Tinggi sudah terintegrasi layani masyarakat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar