Pandemi COVID-19 telah membuat lesu laju perekonomian, penjualan berbagai produk tidak sekencang biasanya. Efek domino yang ditimbulkannya masih terasa hingga sekarang, kami mencoba membantu UKM dengan memasang wifi gratis,
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, memasang sambungan internet gratis berupa wifi di 20 titik dalam rangka memfasilitasi pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk bertransaksi secara daring sebagai salah satu solusi meningkatkan penjualan di tengah pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 telah membuat lesu laju perekonomian, penjualan berbagai produk tidak sekencang biasanya. Efek domino yang ditimbulkannya masih terasa hingga sekarang, kami mencoba membantu UKM dengan memasang wifi gratis," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Rudy Rinaldy di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan 20 titik lokasi pemasangan wifi tersebut berada di area publik antara lain di di Perpustakaan Kota Padang di GOR H Agus Salim, SDN 13 Sungai Pisang, Kampung Cyber Koto Lalang di Lubuk Kilangan, SMPN 37 Sungai Pisang.

Baca juga: Digitalisasi jadi kunci utama dukung sektor parekraf

Lalu, Kantor Disdukcapil, Kolam Renang Teratai, RSUD Rasidin, Mal Pelayanan Publik di Pasar Raya, dan termasuk rumah ibadah.

Pemasangan wifi gratis juga merata di sebelas kantor camat di Padang, termasuk di 104 kantor lurah, 41 kantor, 23 puskesmas, serta 20 masjid.“Pada tahun ini kami juga menambah dua titik wifi gratis,” kata dia.

Ia mengatakan siapa saja bebas mengakses internet di masing-masing titik itu, termasuk para pengusaha maupun pedagang yang berada di sekitar spot wifi gratis.

Baca juga: UMKM akui digitalisasi mudahkan berbisnis

Bahkan pihaknya sudah menyampaikan kepada seluruh perangkat kecamatan dan kelurahan untuk membagikan password wifi kepada siapa saja.“Siapa saja bebas mengakses tanpa ada hambatan,” katanya.

Ia berharap dengan fasilitas ini dapat membantu pengusaha maupun pelaku UMKM di Padang tetap hidup di tengah pandemi ini.





 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021