Doni Monardo: Megawati miliki pengetahuan luas tentang jenis vegetasi

Doni Monardo: Megawati miliki pengetahuan luas tentang jenis vegetasi

Kepala BNPB Doni Monardo saat peluncuran Buku "Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam" secara daring, di Jakarta, Rabu (24-3-2021). (ANTARA/HO-PDIP)

Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebutkan Megawati Soekarnoputri merupakan tokoh nasional yang punya pengetahuan sangat banyak tentang jenis vegetasi di tanah air.
 
"Berbagai jenis tanaman beliau kenali dan juga beliau koleksi. Berbicara tentang masalah tanaman, lingkungan, dan vegetasi serta environment dengan Ibu Mega,
bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa," kata Doni dalam peluncuran Buku "Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam" secara daring, di Jakarta, Rabu.
 
Salah satu pernyataan yang selalu diingatnya di BNPB adalah bagaimana Megawati memilih vegetasi seperti Cemara Udang untuk mengatasi abrasi pantai.

Baca juga: PDIP luncurkan Buku Megawati Soekarnoputri tentang peduli lingkungan
 
"Ini mencegah atau melindungi dari tsunami. Serta pohon Laban yang mampu mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan," kata Doni dalam siaran persnya.
 
Mantan Danjen Kopassus ini pun merasakan langsung bagaimana seorang Megawati Soekarnoputri, Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan membantu penanganan bencana lewat pengetahuan luasnya atas alam.
 
Menurut dia, buku "Merawat Pertiwi" adalah salah satu buku yang bisa menjadi referensi bagi semua orang, khususnya demi lebih mencintai apa yang ada di seluruh pelosok negeri.

Baca juga: Megawati ajak kader PDIP wujudkan politik hijau
 
"Salam tangguh, salam kemanusiaan," tegas Doni.
 
Di acara itu, Megawati hadir secara virtual dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta.
 
Sementara itu, di Kantor DPP PDIP, dipimpin oleh Sekjen Hasto Kristiyanto yang hadir bersama Ketua DPP PDIP I Made Urip. Hadir juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih, mantan Menteri Lingkungan Hidup Sonny Keraf.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Doni Monardo serahkan jabatan Kepala BNPB pada Ganip Warsito

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar