AWS luncurkan Edge Location perdana di Indonesia

AWS luncurkan Edge Location perdana di Indonesia

Ilustrasi Amazon Web Service (AWS) (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Amazon Web Services mengumumkan kini mereka menyediakan layanan Edge Location di Indonesia sebagai bagian dari jaringan AWS global.

"Edge Location di Indonesia akan memberikan dampak yang lebih besar di Indonesia," kata pimpinan PT Amazon Web Services, Indonesia, Gunawan Susanto, saat peluncuran virtual, Rabu.

Dengan layanan ini, Indonesia terhubung dengan jaringan infrastruktur AWS global, yang kini mencakup lebih dari 225 Points of Presence yang dibangun di 90 kita di 47 negara.

Edge Location AWS di Indonesia menawarkan seluruh fitur yang ada di Amazon CloudFront, yaitu Content Delivery Network yang mendukung percepatan penghantaran data, video, aplikasi dan Application Programming Interfaces (APIs).

Amazon CloudFront juga menerapkan perlindungan untuk data sensitif yang terdapat di edge dengan menerapkan protokol, enkripsi hingga sertifikasi kelaikan yang bisa memperkuat bangunan keamanan, melalui integrasi AWS Shield.

CloudFront terintegrasi dengan layanan AWS lainnya, seperti Amazon Simple Storage Service, Elastic Load Balancing dan Amazon Elastic Compute Cloud.

Edge Location di Jakarta ini akan mendukung AWS Global Acceleration, layanan untuk meningkatkan ketersediaan dan performa lalu lintas di sisi pengguna melalui penggunaan infrastruktur jaringan AWS global.

Edge Location pertama di Indonesia ini diharapkan akan bisa mendukung organisasi dengan berbagai skala bisnis di berbagai sektor, baik sektor publik hingga pendidikan.

Baca juga: Sayurbox rencanakan ekspansi layanan dan lokasi di 2021

Baca juga: Survei: Indonesia butuh ratusan juta pekerja digital pada 2025

Baca juga: Pandemi tak halangi Amazon Web Service buka pusat data di Indonesia

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tanaman keladi jadi pilihan di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar