Kerja sama Kota Padang dan Kota Hildesheim berlangsung sejak 20 Juni 1988
Padang (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa menggelar pertemuan virtual dengan Wali Kota Hildesheim, Jerman Mr Ingo Meyer membahas kerja sama kota kembar yang sudah terjalin sejak 1988.

"Kerja sama kota kembar antara Kota Padang dan Kota Hildesheim sudah berlangsung sejak 20 Juni 1988 atau 33 tahun silam, hubungan baik kedua kota beda negara terus diupayakan tetap terjaga dengan baik dan terus diperkuat ke depan," kata Plt Wali Kota Padang Hendri Septa, di Padang, Rabu.

Pertemuan virtual juga juga diikuti beberapa pihak terkait, di antaranya perwakilan GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM), Project Manager at Experts for Municipal Partnership Worldwide (FKPW), serta perwakilan Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.

Selain itu, juga diikuti Dubes Indonesia di Berlin Yul Edison, Komjen RI Hamburg Ardian Wicaksono, perwakilan Minang Diaspora Network Global (MDN-G) Fasli Jalal, Dosen Universitas Bung Hatta Prof Nasfryzal Carlo, dan Wali Kota Padang periode 1983-1993 Syahrul Ujud

Pertemuan diawali dengan penampilan tarian tradisional minang serta penampilan lagu Nasi Padang dari penyanyi asal Norwegia Audun Kvitland yang populer di Indonesia.

Plt Wali Kota Padang Hendri berharap dengan kerja sama ini, maka masyarakat dan pihak terkait dapat mengambil kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang budaya Hildesheim dan Padang,

"Dari sekian banyak kerja sama antara Padang-Hildesheim masih ada beberapa bidang kerja sama yang belum kami aktifkan seperti pelatihan industri hingga pendidikan inklusi," kata dia.

Ia juga berharap Pemerintah Provinsi Sumbar bisa meningkatkan kerja sama sister city Padang-Hildesheim menjadi provinsi kembar, yaitu antara Sumatera Barat dengan Provinsi Lower Saxony.

Senada dengan itu, Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Padang Erwin M menyebutkan, di antara kerja sama Padang-Hildesheim teranyar adalah bidang pengelolaan persampahan dan pengelolaan limbah sungai.

"Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan datangnya tenaga ahli dari Jerman bernama Mr Michell Rohman," ujarnya.

Tenaga ahli tersebut akan mentransfer ilmu dan hal penting lainnya dalam upaya peningkatan kebersihan dan kualitas air sungai di Kota Padang, khususnya di Sungai Batang Arau.

Selanjutnya, kata Erwin lagi, kerja sama lainnya yang telah terjalin dan akan dikonkretkan ke depan yaitu program magang di sektor industri.

"Di Kota Padang ada 47 perguruan tinggi, nanti juga akan kami bicarakan terkait kemungkinan apakah mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi di Padang bisa magang di Jerman," kata dia pula.
Baca juga: Padang jalin kerja sama dengan Ba Ria Vung Tau, Vietnam

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021