Sepak Bola Dunia

Pelatih timnas Belanda ragukan kebugaran Van Dijk untuk Piala Eropa

Pelatih timnas Belanda ragukan kebugaran Van Dijk untuk Piala Eropa

Virgil van Dijk saat melakukan konfrensi pers untuk timnas Belanda jelang pertandingan UEFA Nations League pada 31 August 2020.(AFP/KOEN VAN WEEL)

Satu atau dua pekan kemunduran bisa berarti ia tidak bisa bermain untuk Liverpool (musim ini)
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Belanda, Frank de Boer telah mengakui bahwa ia tidak yakin apakah Virgil van Dijk akan bugar tepat waktu untuk Piala Eropa musim panas ini.

Van Dijk telah absen di sebagian besar pertandingan Liverpool pada musim 2020-21 karena cedera lutut yang serius, dan baru-baru ini sudah dapat kembali berlatih untuk sesi individu yang ringan.

De Boer tidak memanggil bek berusia 29 tahun itu untuk pembukaan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan ia tidak ingin terlalu berharap tentang potensi kembalinya Van Dijk ke timnas untuk Piala Eropa mendatang.

Baca juga: Hanya keajaiban yang membuat Virgil van Dijk tampil lagi musim ini

“Kami tahu ia punya waktu delapan pekan lagi. Saya tidak tahu apakah itu cukup," kata pelatih De Boer pada satu konferensi pers, yang dikutip Goal pada Rabu.

"Saya telah berbicara dengannya, ia kembali ke lapangan. Selalu ada kemunduran."

"Satu atau dua pekan kemunduran bisa berarti ia tidak bisa bermain untuk Liverpool (musim ini). Lalu saya bisa membayangkan mereka berkata: 'Bagus, tetapi Anda fokus saja pada musim depan'."

Baca juga: Timnas Belanda soroti isu pekerja migran Qatar

“Pada akhirnya, ia harus merasa dirinya lebih baik. Saya senang ia berada di jalur yang benar."

Van Dijk mengalami cedera ligamen lutut setelah berbenturan dengan kiper Jordan Pickford saat Liverpool bermain imbang 2-2 dengan Everton dalam pertandingan derby Merseyside pada 17 Oktober 2020.

Bek tengah itu telah menjalani operasi yang sukses terkait masalah ini dan kemudian memulai program rehabilitasi ekstensif di fasilitas pelatihan The Reds di Kirkby.

De Boer akan mengumumkan skuad resminya untuk Piala Eropa pada 31 Mei, yang berarti Van Dijk hanya punya waktu dua bulan untuk kembali bugar sepenuhnya.

Baca juga: Intervensi kecerdasan buatan dalam menekan cedera pesepak bola

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Piano John Lennon dipamerkan di Liverpool, rayakan ultah ke-80

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar