Beberapa ketakutan bahwa skenario pertumbuhan optimis yang mendukung aset berisiko berlebihan karena penguncian baru di Eropa
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka cenderung datar pada perdagangan Kamis pagi, karena keuntungan dari saham-saham energi mengimbangi penurunan saham-saham teknologi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan ASX 200 naik tipis 2,60 poin atau 0,04 persen menjadi 6.781,40 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries turun 3,40 poin atau 0,05 persen pada 7.010,50 poin.

"Dalam tanda-tanda yang jelas bahwa sentimen pasar memburuk, dua kubu telah muncul. Beberapa ketakutan bahwa skenario pertumbuhan optimis yang mendukung aset berisiko berlebihan karena penguncian baru di Eropa," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Baca juga: Wall Street ditutup jatuh, Indeks Nasdaq anjlok 265,81 poin

"Yang lain khawatir bahwa pemulihan ekonomi yang kuat akan mendorong inflasi lebih tinggi dan dengan demikian mengurangi dukungan bank sentral dan pemerintah."

Kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan tampaknya mengendalikan perdagangan semalam, ketika saham teknologi jatuh sementara saham energi naik karena lonjakan harga minyak setelah supertanker memblokir terusan Suez, salah satu jalur perairan terpenting di dunia.

Baca juga: Harga minyak melonjak 6 persen, setelah kapal kandas di Terusan Suez

Di bursa lokal, saham sektor teknologi informasi turun 1,28 persen, sedangkan saham sektor energi naik 0,82 persen.

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar beragam dengan Commonwealth Bank turun 0,07 persen, National Australia Bank turun 0,19 persen, Westpac Bank turun 0,41 persen dan ANZ turun 0,07 persen.

Saham-saham pertambangan juga bervariasi dengan BHP tidak berubah, Rio Tinto turun 0,20 persen, Fortescue Metals naik 0,57 persen dan penambang emas Newcrest naik 1,02 persen.

Baca juga: Harga emas naik 8,1 dolar, pasar abaikan naiknya imbal hasil obligasi

Saham produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 0,97 persen, Santos naik 2,27 persen dan Woodside Petroleum naik 1,38 persen.

Saham supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,94 persen dan Woolworths turun 0,05 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,30 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas meningkat 0,29 persen dan perusahaan biomedis CSL terdongkrak 0,34 persen.

Baca juga: Saham Asia akan beragam, tertekan berita ekonomi AS dan lockdown Eropa

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021