Jambi (ANTARA) - Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi menerima distribusi vaksin COVID-19 tahap II untuk vaksinasi pelayan publik dan lansia.

"Distribusi vaksin dilakukan secara bertahap, Kabupaten Sarolangun menerima 400 vial dan Kabupaten Muaro jambi 520 vial," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Kamis.

Dalam satu vial vaksin COVID-19 tersebut dapat digunakan untuk vaksinasi sepuluh orang. Sehingga 400 vial vaksin COVID-19 tersebut dapat digunakan untuk vaksinasi 4.000 orang. Sebelumnya, distribusi vaksin COVID-19 tersebut juga sudah dilakukan ke Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari.

Di mana Dinas Kesehatan dari pemerintah daerah tersebut membawa armada sendiri untuk mengambil vaksin COVID-19 di gudang vaksin Pemerintah Provinsi Jambi. Kendaraan tersebut merupakan kendaraan khusus untuk membawa vaksin yang sesuai dengan standar, yakni mampu menyimpan vaksin dengan suhu 2-8 derajat.

Baca juga: Jambi terima 11.570 vial vaksin COVID-19 untuk vaksinasi tahap II

Baca juga: Cakupan vaksinasi COVID-19 tahap I di Jambi 94,46 persen


"Dan untuk kabupaten lain masih dikomunikasikan, karena melihat kesiapan dari pemerintah daerah untuk melaksanakan vaksinasi tersebut," kata Johansyah.

Satgas COVID-19 Provinsi Jambi menghimbau masyarakat untuk turut serta menyukseskan program vaksinasi COVID-19. Karena vaksinasi tersebut merupakan upaya untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sudah menerima dua kali pengiriman vaksin untuk vaksinasi tahap II. Pengiriman pertama Pemerintah Provinsi Jambi menerima 7.070 vial dan selanjutnya pada tahap ke dua menerima 11.570 vial. Sehingga total vaksin yang sudah di terima Pemerintah Provinsi Jambi untuk tahap II sebanyak 18.640 vial.

Sementara itu, realisasi vaksinasi tahap pertama di daerah itu saat ini sudah mencapai 99,89 persen. Artinya, vaksinasi tahap pertama di daerah itu berjalan dengan lancar dan harapannya vaksinasi tahap II di daerah itu turut berjalan dengan baik dan lancar.*

Baca juga: Sebelas kabupaten dan kota di Jambi terima vaksin COVID-19

Baca juga: 20 ribu dosis vaksin COVID-19 tiba di Jambi

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021