Jakarta (ANTARA) - Dalam upaya mempromosikan produk berbagai produk asal Tanah Air, Kedutaan Besar RI di Doha mengikuti pameran pertanian dan lingkungan di Qatar yang berlangsung dari 23 hingga 27 Maret 2021.

Dalam keterangan tertulis KBRI Doha yang diterima di Jakarta, Kamis, berbagai produk makanan dan minuman, olahan unggas, holtikultura, rempah-rempah, serta pupuk organik dari tiga perusahaan Indonesia yang ada di Qatar,termasuk Indofood, Koperasi Warga Indonesia di Qatar (KWIQ), dan Qatar-Indonesia (Qatindo) Supermarket, turut ditampilkan dalam acara Qatar International Agricultural and Environmental Exhibition, atau yang dikenal sebagai AgriteQ dan EnviroteQ.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan, sektor pertanian merupakan sektor yang penting di Qatar karena berkaitan dengan ketahanan pangan, salah satu program prioritas yang terus dikembangkan di Qatar.

Dia mengatakan bahwa setelah sempat mengalami blokade selama sekitar tiga tahun, Qatar terus membangun sektor pertaniannya guna memenuhi kebutuhan dalam negeri serta membuka lebih banyak kesempatan bagi sumber pasokan kebutuhan pangan.

“Dalam kaitan tersebut, produk maupun komoditi pertanian Indonesia seperti holtikultura, rempah-rempah, dan produk unggas maupun perikanan serta produk makanan dan minuman pada umumnya masih terbuka luas untuk itu dapat masuk ke Qatar,” ujar Dubes Ridwan saat meninjau “Pavilion Indonesia” di AgriteQ dan EnviroteQ, dikutip dari keterangan KBRI Doha.

Dubes Ridwan pun menjelaskan bahwa posisi Qatar sebagai hub perlintasan orang dan barang, tidak hanya di kawasan namun juga di tingkat global, dapat menjadikannya pasar yang strategis bagi produk-produk asal Indonesia.

Pameran AgriteQ dan EnviroteQ sendiri disebut sebagai pameran pertanian dan lingkungan terbesar di kawasan Timur Tengah dan pada tahun 2021 ini diikuti oleh 208 perusahaan dan perwakilan dari 42 negara yang diwakili oleh kedutaan besar maupun perwakilan dagang maupun bisnis yang ada di Qatar.

Baca juga: Wapres tawarkan Qatar berinvestasi industri halal di Indonesia
Baca
 juga: BFC resmi dibuka, bantu salurkan produk Indonesia ke Qatar
Baca
 juga: Indonesia dan Qatar matangkan kerja sama bidang ketenagakerjaan

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021